Kamis, 08 Juni 2017

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Asam Lambung

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Asam Lambung,- Banyak hal yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung salah satunya karena makanan. Tidak semua makanan dapat menyebabkan asam lambung naik. Meskipun demikian kita harus mengetahui makanan dan minuman apa saja yang menjadi pantangan asam lambung. Gejala yang ditimbulkan dari naiknya asam lambung ini adalah nyeri pada ulu hati dan lambung, perut kembung atau begah, mual, muntah, mudah lelah, dan nafsu makan berkurang.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Asam Lambung

Untuk mencegah naiknya asam lambung, Anda harus menghindari pantangan makanan asam lambung berikut ini:

1. Makanan Berlemak

Selain dapat mengakibatkan obesitas atau kegemukan, mengkonsumsi makanan berlemak juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Yang termasuk ke dalam makanan berlemak adalah gorengan, jeroan, makanan bersantan, daging, kulit, dan junk food atau makanan cepat saji.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat membuat penderita lambung menjadi tidak nyaman. Selain itu, makanan dengan rasa pedas dapat membuat lambung menjadi iritasi serta dapat berkontribusi yang menyebabkan nyeri ulu hati.


3. Makanan Yang Mengandung Gas

Seperti sawi, kol, nangka, durian, dan lainnya merupakan makanan yang mengandung banyak gas yang dapat memicu naiknya asam lambung, hal ini juga dapat menyebabkan asam lambung menjadi mudah kambuh.

4. Buah dan Sayuran Yang Bersifat Asam


Makanan yang bersifat seperti jeruk, lemon, anggur, tomat, dan salad yang ditambahkan dengan cuka dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Makanan tersebut menjadi pantangan asam lambung, apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong.

Baca juga:


5. Makanan Yang Sulit Dicerna

Terdapat beberapa makanan yang sulit untuk dicerna oleh penderita asam lambung, seperti dodol, beras ketan, mie instan, daging merah bahkan nasi. Makanan tersebut membuat lambung bekerja lebih keras dan dapat melukai lambung, serta membuat kadar asam lambung menjadi naik.

6. Rokok

Kebiasaan merokok sangat berdampak buruk pada kesehatan secara umum, salah satunya dapat meningkatkan produksi asam lambung yang memicu sakit maag. Merokok juga dapat merusak organ vital manusia, seperti jantung, hati, paru-paru, otak ginjal, serta lambung.

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki sifat asam dan menimbulkan gas sisaluran pencernaan ketika dikonsumsi. Gas tersebut dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan mendorong lambung. Minuman bersoda dapat menyuebabkan perut kembung tidak nyaman. Selain dapat memberikan dam[ak buruk pada lambung, minuman inijuga dapat memicu obesitas karena kandungan gulanya yang tinggi.

8. Kopi

Bagi yang memiliki riwayat asam lambung sebaiknya menghindari minuman ini, karena kopi dapat membuat produksi cairan asam lambung yang berlebihan. Kandungan kafein pada kopi menyebabkan asam lambung menjadi naik.

9. Minuman Beralkohol

Selain dapat membahayakan ksehatan, minuman beralkohol juga dapat mengancam nyawa. Dengan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit maupun banyak tetap saja dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya hindari minuman beralkohol seperti bir, vodka, wine, arak, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga harus menghindari berbagai macam tape karena mengandung alkohol walaupun jumlah dosisnya kecil.

Itulah informasi mengenai pantangan makanan untuk penyakit asam lambung yang harus Anda hindari. Selain mengetahui pantangan makanannya, Anda juga harus tahu apa penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat..

Salam sehat, by Cara Mengobati Asam Lambung

Simak juga artikel lainnya:



Pantangan Makanan Untuk Penyakit Asam Lambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar