Kamis, 23 November 2017

Inilah 9 Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Inilah 9 Faktor Penyebab Diabetes Melitus,- Penyakit diabetes melitus atau kencing manis merupakan suatu dampak dari dari kelainan metabolik dalam tubuh yang dipengaruhi oleh metabolisme seperti karbohidrat, protein dan lemak. Diabetes melitus sendiri dibagi menjadi 3 tipe yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe 3 yang semuanya dapat menyerang siapa saja.

Pada tahun 2013 di Indonesia penderita diabetes melitus sebanyak 8,5 juta jiwa menderita kencing manis yang 35 % diderita oleh orang yang masih muda. Diperkirakan tahun 2020 indonesia akan mengalami peningkatan penderita diabetes sebanyak 12 juta jiwa.

Diabetes terjadi karena terlalu banyaknya zat glukosa dalam darah yang terus menerus akan merusak sistem sistem jaringan darah yang akhirnya dapat memberikan efek buruk seperti luka yang sulit disembuhkan. Kebanyakan penderita deiabetes adalah mereka yang berumur di atas 30 tahun. Untuk terhindar dari penyakit ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari penyakit diabetes melitus.

Inilah 9 Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Berikut adalah beberapa faktor penyebab penyakit diabetes melitus yang harus diketahui , antara lain:

1. Makanan dan minuman

Penyebab diabetes pun bisa terjadi dari makanan dan minuman yang di konsumsi setiap hari, jika sering mengkonsumsi makan makanan yang tidak sehat seperti hal nya makanan yang mengandung lemak tinggi atau memiliki kadar manis dari gula yang banyak, maka bisa menjadi penyebab diabetes. Oleh sebab itu, jaga asupan makanan yang baik agar tidak mengalami naik nya kadar gula darah.

2. Riwayat Keluarga

Faktor keturunan atau genetik punya kontribusi yang tidak bisa diremeh untuk seseorang terserang penyakit diabetes. Menghilangkan faktor genetik sangatlah sulit. Yang bisa dilakukan untuk seseorang bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus karena sebab genetik adalah dengan memperbaiki pola hidup dan pola makan. Dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup insya Allah Anda akan terhindar dari penyakit yang mengerikan ini.

3. Kurang Tidur

Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Artinya, risiko diabetes meningkat. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

4. Rokok

Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

5. Obesitas Atau Kegemukan

Kegemukan bisa menyebabkan tubuh seseorang mengalami resistensi terhadap hormon insulin. Sel-sel tubuh bersaing ketat dengan jaringan lemak untuk menyerap insulin. Akibatnya organ pankreas akan dipacu untuk memproduksi insulin sebanyak-banyaknya sehingga menjadikan organ ini menjadi kelelahan dan akhirnya rusak.

6. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik menjadi faktor cukup besar untuk seseorang mengalami kegemukan dan melemahkan kerja organ-organ vital seperti jantung, liver, ginjal dan juga pankreas. Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

7. Sering Stres

Stres bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan kartisol yang membuat kadar gula juga ikut naik. Jika dibiarkan begitu saja maka akan melebihi batas yang dibutuhkan tubuh dalam kegiatan sehari-hari.

8. Faktor Usia

Risiko diabetes meningkat sejalan dengan bertambahnya usia, terutama setelah usia 40 tahun, karena jumlah sel-sel beta di dalam pankreas yang memproduksi insulin menurun seiring bertambahnya umur.

9. Penggunaan Obat Kontrasepsi

Senyawa yang terdapat dalam obat kontrasepsi mampu melemahkan kerja ginjal yang mengubah gula menjadi energi apabila dibiarkan terus menerus maka gula juga akan mengalami penumpukan.

Demikianlah informasi mengenai inilah 9 faktor penyebab diabetes melitus yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang sudah terdiagnosis memiliki penyakit diabetes melitus maka lakukanlah pengobatan penyakit diabetes melitus sedini mungkin untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Semoga bermanfaat...



Inilah 9 Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar