Kamis, 22 Maret 2018

Jenis-Jenis Penyakit Eksim dan Gejalanya yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Penyakit Eksim dan Gejalanya yang Harus Anda Ketahui,- Eksim atau eksema adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan gatal-gatal, ruam merah, kulit kering dan pecah-pecah. Kondisi ini adalah jenis penyakit jangka panjang dan gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian menghilang. Kondisi ini juga sering disebut dermatitis.

Penyakit ini dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, siku, pergelangan tangan, daerah kelamin, lutut, dan pergelangan kaki. Pada umumnya penyakit ini datang saat masa kanak – kanak. Namun tidak menutup kemungkinan menyerang pada orang dewasa, remaja dan orang tua. Walaupun tidak menular, kelainan ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang terkena.

Gejala yang timbulkan dari eksim sangat bervariasi sesuai dengan jenis eksim yang derita. Namun, gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah gatal–gatal, ruam merah, kulit pecah – pecah, kasar dan bahkan lepuh. Salah satu penyebab dari penyakit eksim adalah genetika, sistem kekebalan tubuh dan faktor lingkungan. (Baca juga: Penyebab Penyakit Eksim dan Cara Mengobatinya)

Jenis-Jenis Penyakit Eksim dan Gejalanya


Jenis-Jenis Penyakit Eksim dan Gejalanya yang Harus Anda Ketahui


Jenis eksim yang paling umum adalah jenis dermatitis atopik. Namun, ada banyak jenis eksim yanng perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik merupakan bentuk paling umum dari eksim. Hal ini biasanya dimulai pada masa anak-anak. Jenis ini lebih ringan dan akan hilang saat saat dewasa. Ruam biasanya sering terjadi di lipatan siku dan lutut. Timbulnya gelembung-gelembung kecil yang berisi cairan. Salah satu penyebab dari jenis ini yaitu gen, sistem kekebalan tubuh dan faktor lingkungan.

2. Dermatitis Kontak

Kulit yang teriritasi yang disebabkan oleh reaksi terhadap zat yang Anda sentuh, Anda mungkin memiliki dermatitis kontak . Muncul dalam dua jenis: dermatitis kontak alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk iritan seperti lateks atau logam. dermatitis kontak iritan dimulai ketika bahan kimia atau zat lainnya iritasi kulit, gejalanya seperti gatal-gatal, ruam merah, luka bakar, lepuh berisi cairan, bersisik dan kasar.

3. Eksim Dyshidrotic

Eksim dyshidrotic menyebabkan lepuh kecil terjadi di bagian tangan dan kaki. Jenis ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. gejalanya pun seperti lepuh berisi cairan terbentuk pada jari, jari kaki, telapak tangan, dan telapak kaki. Eksim dyshidrotic ini disebabkan oleh alergi, paparan zat seperti nikel atau garam kromium.

4. Neurodermatitis

Neurodermatitis mirip dengan dermatitis atopik. Hal ini menyebabkan tebal, bersisik patch untuk muncul pada kulit. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah seperti tebal,bersisik terjadi di lengan, kaki, belakang leher, kulit kepala, bagian bawah kaki, punggung tangan dan alat kelamin. Belum diketahui penyebab pasti pada jenis ini namun dokter mengatakan bahwa stress dapat menjadi pemicu penyakit ini.

5. Nummular Eksim

Jenis eksim ini menyebabkan bintik-bintik berbentuk pada kulit. Kata “nummular” berarti koin dalam bahasa Latin. Eksim nummular terlihat sangat berbeda dari jenis lain dari eksim dan akan banyak terasa gatal. Gejala jenis nummular eksim ini seperti bulat, bintik-bintik berbentuk koin terbentuk pada kulit dan pada tempat eksim akan terasa gatal dan bersisik.

6. Statis Dermatitis

Stasis Dermatitis terjadi kebocoran ketika cairan keluar dari pembuluh darah melemah maasuk ke dalam kulit. Cairan ini menyebabkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan nyeri. Dermatitis Stasis dapat timbul dengan cepat, menyebabkan menangis dan pengerasan kulit dari kulit. Jenis eksim dapat menyebabkan kulit untuk mengembangkan noda cokelat. Jenis ini menyerang pada orang yang memiliki masalah aliran darah dari kaki anda lebih rendah. sehingga mengakibatkan kaki membengkak dan varises.

7. Seboroik Dermatitis

Jenis eksim ini lebih dikenal sebagai ketombe . Pada bayi, hal itu mempengaruhi kulit kepala. Pada orang dewasa, juga sering mempengaruhi daerah-daerah seperti alis, sisi hidung, belakang telinga dan tengah dada. Dermatitis seboroik menyebabkan kulit jatuh di flakes. Kondisi ini mungkin disebabkan pertumbuhan berlebih dari jenis ragi, serta pertumbuhan berlebih dan cepat penumpahan sel-sel pada kulit kepala.

Bagi Anda yang ingin mencegah, mengatasi atau mengobati penyakit eksim, kami rekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi obat eksim paling ampuh yang sudah teruji dan terbukti ampuh tanpa menimbulkan efek samping.

Itulah beberapa jenis-jenis penyakit eksim dan gejalanya yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung...

Baca juga:




Jenis-Jenis Penyakit Eksim dan Gejalanya yang Harus Anda Ketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar