Sabtu, 22 Juli 2017

Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya,- Bronkitis merupakan peradangan pada dinding saluran bronkus. Penyakit ini dapat menyerang siapa termasuk anak-anak. Anak masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum kuat seperti orang dewasa, sehingga anak lebih rentan terhadap penyakit. Bronkitis dapat membuat anak lebih sulit untuk menghirup dan mengeluarkan napas dari paru-paru. Hal ini membuat jaringan menjadi iritasi sehingga menghasilkan lebih banyak lendir.

Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya


Penyebab Bronkitis Pada Anak

Anak-anak biasanya lebih sering menderita bronkitis akut. Penyebab bronkitis pada anak biasanya disebabkan oleh virus, infeksi bakteri, alergi, polusi atau debu, dan iritasi dari asap rokok. Saat anak pilek, sakit tenggorokan, flu, dan mengalami sinusitis kronis yang disebabkan virus, virus ini akan menyebar ke bronkus.

Virus di bronkus dapat menyebabkan saluran napas menjadi bengkak, meradang, dan tersumbat oleh lendir yang dihasilkannya. Virus tersebut dapat menyebar dari orang ke orang melalui batuk, bersin atau saat anak menyentuh mulut, hidung, atau cairan dari orang yang terinfeksi yang menempel pada benda-benda yang dipegang anak.

Gejala Bronkitis Pada Anak

Gejala pertama yang paling sering ditunjukkan oleh anak dengan bronkitis akut adalah batuk kering, kemudian dapat berkembang menjadi batuk berdahak. Setiap anak mungkin akan menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Gejala-gejala tersebut biasanya dapat berlangsung selama 7 sampai 14 hari atau juga bisa bertahan selama tiga sampai empat minggu.

  • Hidung meler, biasanya terjadi sebelum anak batuk
  • Tubuh terasa lemas dan tidak enak badan
  • Sakit kepala
  • Panas dingin
  • Demam ringan sekitar 37,8°C sampai 38,3°C
  • Sesak napas
  • Nyeri di dada
  • Mengi
  • Sakit tenggorokan
Baca juga: Komplikasi Bronkitis dan Pencegahan

Cara Mengatasi Bronkitis Pada Anak

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua untuk mengurangi gejala bronkitis pada anak adalah:

  • Berikan anak banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.
  • Menjaga kelembaban kamar anak, bisa dilakukan dengan cara menempatkan humidifier di kamar anak.
  • Biarkan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup.
  • Berikan anak paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan demam.
  • Berikan anak obat tetes hidung saline untuk meredakan hidung tersumbat.
  • Sebaiknya tidak memberikan anak obat batuk supresan. Batuk sebenarnya cara tubuh dalam mengeluarkan lendir dalam saluran pernapasan anak. Untuk meredakan batuk anak, sebaiknya berikan madu.
 
Selain dengan cara diatas, kami rekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat yang sudah teruji klinis Ampuh dalam mengatasi penyakit bronkitis baik pada anak, remaja, dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui tanpa menimbulkan efek samping dan ketergantungan pada tubuh. QnC Jelly Gamat terbuat dari bahan alami pilihan yakni Ekstrak Teripang Emas yang diproses dengan mesin berteknologi canggih dan diamati langsung oleh para ahli dibidangnya. Sehingga produk QnC Jelly Gamat yang dihasilkan berkualitas dan terjamin kealamiannya untuk mengobati penyakit bronkitis pada anak secara alami.

Anda tidak perlu khawatir, karena QnC Jelly Gamat sudah terdaftar di BPOM TR 173301471, DEPKES RI No: 109321601291-1229 dan sudah bersertifikat HALAL dari MUI, sehingga aman dikonsumsi semua kalangan termasuk anak-anak. Untuk informasi  lebih lengkap mengenai QnC Jelly Gamat, Anda bisa lihat >> Cara Mengobati Bronkitis

Demikianlah penyebab bronkitis pada anak dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua. Semoga bermanfaat..

Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya


Simak juga:

  Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar