Senin, 11 Desember 2017

Cemilan Untuk Penderita Diabetes

Cemilan Untuk Penderita Diabetes,- Penderita diabetes melitus harus berhati-hati dalam menjaga kadar glukosa atau kadar gula dalam darah agar tidak naik. Hal tersebut disebabkan karena jumlah glukosa yang tinggi sesudah makan dapat memicu munculnya komplikasi makrovaskuler yaitu antara lain gangguan pembuluh darah serta penyakit jantung. Namun, hal tersebut dapat diminimalisir oleh penderita diabetes melitus dengan menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Cemilan Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes melitus, ada beberapa cemilan sehat yang dapat mengurangi bahaya dari diabetes dan menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Berikut adalah cemilan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes :

1. Biskuit Gandum

Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, snack dari gandum dapat mempertahankan rasa kenyang relatif lebih lama. Temukan tulisan ‘whole-wheat flour’ atau 'tepung gandum utuh' pada kemasan. Konsumsi sekitar dua buah saja, untuk menambah rasa, dapat Anda tambahkan seperempat cup selai anggur.

2. Buah Segar

Buah mengandung nutrisi dan serat yang sangat penting untuk diet, namum porsinya harus tetap diperhatikan karena buah mengandung gula alami. Buah yang baik untuk penderita diabetes adalah berries, melon dan apel (cukup setengahnya saja). Tambahkan seperempat irisan keju, proteinnya berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan memberi tambahan kalsium.

3. Serat dan Mineral Alami

Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol, banyak ditemukan dalam sayuran seperti tomat, kacang kedelai, paprika hijau dan alpukat. Boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan ekstra mineral.

4. Yogurt

Mirip dengan keju, yogurt sangat baik untuk mestabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium. 

5. Kacang Kedelai

Kacang kedelai termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga memberi efek cerna secara perlahan dan membuat kenyang lebih lama. Mengonsumsi kedelai secara teratur memberikan dampak signifikan dalam membantu menjaga kadar gula darah dan mengendalikan nafsu makan. Seperti yang direkomendasikan oleh Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI),  biasakan untuk mengonsumsi kedelai setiap hari untuk membantu menjaga kadar gula darah dan berat badan.

(*  Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

6. Biskuit Crackers

Rasanya tetap lezat namun berkhasiat untuk pengaturan pemenuhan kadar nutrisi dan kadar gula yang seimbang bagi tubuh adalah kelebihan dari biskuit crackers. Crackers sangat cocok dijadikan makanan penderita diabetes di samping jadwal konsumsi makanan pokok yang lainnya.

7. Trail Mix

Trail mix atau makanan ringan campur ternyata juga dapat dikonsumsi penderita diabetes dengan rasa yang tetap lezat. Buatlah trail mix dengan mencampurkan irisan kacang almond yang dipanggang, berbagai irisan buah-buahan kering, serta kelapa tawar yang dipotong kecil. Aduk rata semua bahan tersebut dalam mangkuk besar dan trail mix khusus penderita diabetes siap dikonsumsi.

8. Popcorn

Popcorn adalah salah satu cemilan yang terbuat dari jagung yang dapat disantap penderita diabetes sebagai cemilan yang nikmat dan sehat. Yang perlu diperhatikan adalah konsumsilah popcorn dengan rasa tawar jangan pernah menambahkan perasa atau bumbu pada popcorn.

9. Keripik Kubis

Tenang saja, penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi keripik. Namun, pilihlah keripik yang terbuat dari kubis ya. Karena keripik kubis ini sangat baik dan menyehatkan jika dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai menu cemilan sehat. Kubis atau kol merupakan sayuran yang bisa Anda beli di supermarket atau di pasar tradisional. Jika Anda ingin memasak keripik kubis, sebaiknya gantikanlah minyak sayur untuk memasaknya menjadi minyak zaitun.

Itulah cemilan untuk penderita diabetes yang dapat Anda ketahui dan konsumsi dengan aman sehingga kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil. Semoga bermanfaat...

Simak juga:



Cemilan Untuk Penderita Diabetes 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar