Kamis, 14 Desember 2017

Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus

Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus,- Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Tanaman paling banyak tumbuh di daratan rendah termasuk di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki ketinggian pohon 711 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Daun kelor ini bisa di juluki tanaman asli asal Indonesia sudah terkenal manfaatnya sampai ke mancanegara. Banyak peneliti yang sudah menemukan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh terutama untuk penyakit diabetes melitus. 


Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus


Kandungan Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus 

Diabetes melitus adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan kadar gula dalam tubuh. penyebab dari penyakit diabetes ini bermacam-macam ada yang karena keturunan atau DNA dimana memang terdapat kelainan hormone insulin atau organ pancreas sejak lahir, ada juga yang disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan mengandung gula tinggi sehingga menyebabkan insulin mengalami gagal fungsi.

Hasil riset dari departemen Kimia universitas Alahabad, India, menemukan bahwa ekstrak daun kelor lebih efektif menurunkan kadar gula darah dibandingkan Glipizide (obat rekomendasi para dokter untuk pasien diabetes). Pada riset tersebut, tikus yang semula berkadar gula 300 mg/dl, dinyatakan turun hingga 90 mg/dl setelah diet dengan menggunakan 300 mg ekstrak daun kelor dalam 21 hari.

Kandungan zat nutrisi yang ada di dalam daun kelor cukup lengkap sehingga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah kandungan yang ada di dalam daun kelor dan mengapa baik untuk mengatasi diabetes.

  • Betakaroten
  • Kalsium
  • Antioksidan
  • Asam oleat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Asam askorbat
  • Vitamin E

Kandungan yang ada di dalam daun kelor mampu mengurangi kadar gula dalam darah. selain itu daun kelor juga bisa dijadikan sebagai insulin alami bagi tubuh, jadi ketika anda menyuntikan insulin ke tubuh juga jangan sungkan untuk mengkonsumsi daun kelor. Bagi anda yang tidak menderita penyakit diabetes juga bisa mencegah diabetes dengan mengkonsumsi sayur daun kelor secara rutin. Baca juga: Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Daun kelor memiliki sifat anti diabetes karena mengandung zat seng atau sejenis mineral yang sangat diperlukan dalam produksi insulin. Para peneliti sudah mendapatkan hasil bahwa mereka para penderita diabetes yang mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan memiliki kadar gula lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi daun kelor.

Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus

Berikut adalah cara membuat ramuan daun kelor yang dapat mengatasi diabetes melitus, yaitu:

  • Siapkan 10 -15 gr daun kelor, biasanya segenggaman tangan
  • Cucilah daun kelor sampai bersih, namun jangan di remas supaya daun kelor tetap segar
  • Rebuslah daun kelor, kalau bisa menggunakan alat yang terbuat dari gerabah
  • Masukan bersama dengan 3 air gelas dan tunggu hingga mendidih dan sampai air menyusut tinggal 1 gelas saja.
  • Kemudian setelah itu masukan lagi 3 gelas air dan kemudian tunggu hingga air menyusut hingga 1 gelas air lagi.
  • Setelah matang kemudian angkat dan saring, tunggu sampai hangat dan setelah itu minumlah secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas.

Itulah manfaat daun kelor untuk diabetes melitus yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...



Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes Melitus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar