Kamis, 26 Januari 2017

Jenis Obat yang Dapat Merusak Ginjal

Jenis Obat yang Dapat Merusak Ginjal,- Mengkonsumsi obat memang dapat mengurangi rasa sakit di dalam tubuh. Tapi tahukah Anda, ternyata beberapa obat-obatan tertentu justru dapat merusak organ ginjal Anda. Pada dasarnya obat yang dibuat di pabrik adalah racun. Bahan-bahan yang ada di dalam obat itu tidak dapat disintesis oleh tubuh. Bahan-bahan tersebut akan ikut melalui aliran darah, pada akhirnya sampai ke hati sebagai penyaring racun, dan ginjal sebagai penyaring darah. Karena bahan-bahan yang ada di dalam darah beracun, maka akan mengganggu dan merusak fungsi ginjal.

Jenis Obat yang Dapat Merusak Ginjal

Ginjal mempunyai peran yang sangat penting di dalam tubuh. Jika fungsinya terganggu, tentu akan membawa dampak buruk bagi tubuh. Jika Anda merasa sakit, sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan. Alangkah baiknya, Anda mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu dan beralih pada cara alami untuk mengobatinya.

Jenis Obat yang Dapat Merusak Ginjal


Berikut adalah beberapa daftar obat yang dapat merusak ginjal:
  1.  Antibiotik
    Seperti methicillin,vankomisin, ciprofloxacin, dan sulfonamid.
  2. Analgetik (Obat Penghilang Rasa Sakit)
    Seperti acetominophen dan non-steroid anti-inflammatory (NSAID): aspirin, ibuprofen, dan naproxen.
  3. Obat Antivirus
    Seperti asiklovir atau zovirax, indinavir, dan tenofovir.
  4. COX-2 Inhibitor
    Seperti celebcoxib, rofecoxib, dan valdecoxib. Obat ini dikembangkan untuk mengatasi lambung, tetapi memiliki risiko yang sama dengan NSAID dalam perusakan ginjal.
  5. Obat Tekanan Darah Tinggi
    Seperti captopril atau capoten.
  6. Obat Kemoterapi
    Seperti interferon, pamidronat, cisplatin, carboplatin, cyclosporine, tacrolimus, kina, mitomycin C, bevazumab, dan obat anti-tiroid.
  7. Obat Rheumatoid Arthritis
    Seperti infliximab, klorokurin, dan hydroxychloroquine.
  8. Obat Antikonvulsan
    Seperti fenitoin, dan trimethadione.
  9. Jamu Pegal Linu, Rematik, dan Pelangsing
    Jamu murni adalah obat tradisoional yang terbuat dari bahan alami. Penggunaan yang sudah turun temurun sebagai solusi saat tubuh mengalami sakit membuat penggunaan jamu masih digunakan sampai sekarang. Sayangnya karena kenyataan itu, banyak pedagang jamu nakal yang mencampurkan bahan obat kimia ke dalam jamu demi mendapatkan efek yang cepat. Inilah yang menjadi tuduhan bahwa jamu justru akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.
Obat-obatan di atas pada umumnya akan memberikan efek pada ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Bagi Anda yang biasa mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, maka Anda harus memperhatikan dosis, label kemasan, dan efek samping obat yang selama ini digunakan. Dan bagi Anda yang mengkonsumsi beberapa jamu atau suplemen di pasaran, maka penting untuk melihat apakah produk jamu tersebut sudah terdaftar BPOM atau di blacklist BPOM. Karena tidak semua jamu terbuat dari bahan herbal melainkan bahan kimia berbahaya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan untuk Anda.
Salam sehat, by Cara Mengobati Batu Ginjal

Baca juga:
 Jenis Obat yang Dapat Merusak Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar