Jumat, 20 Januari 2017

Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Ginjal yang Harus Anda Waspadai,- Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu yang terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Pada sebagian besar kasus, penyakit batu ginjal dialami oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

Penyebab Batu Ginjal

Secara alami, ginjal membersihkan darah tiap hari dengan menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urine. Terkadang zat-zat tersebut kadarnya terlalu banyak dibanding cairan yang berfungsi sebagai pelarut sehingga tidak dapat sepenuhnya terbuang oleh tubuh dan mengendap di dalam ginjal. Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari.  Faktor penyebab lainnya adalah ginjal kekurangan bahan yang berfungsi mencegah endapan kristal menggumpal membentuk batu.

Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Berdasarkan bahan pembentuknya, batu ginjal dapat dibagi menjadi empat jenis utama, yaitu;

  • Batu Kalsium, disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam urine. Jenis batu ginjal ini merupakan yang paling umum terjadi. Tingginya kadar kalsium bisa diakibatkan karena penyakit keturunan hiperkalsiuria. Kondisi ini menyebabkan penderitanya melepaskan kalsium yang banyak dalam urine. Tingginya kadar kalsium juga bisa disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif.
  • Batu Struvit, disebabkan oleh infeksi, dan  paling sering terjadi setelah infeksi saluran kemih yang berlangsung lama. Batu struvit lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.
  • Batu Asam Urat, disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi. Contoh makanan yang memicu tingginya asam urat adalah kerang-kerangan, daging dan ikan. Penderita penyakit Gout juga berisiko tinggi membentuk batu jenis ini.
  • Batu Sistin adalah jenis  paling langka dari batu ginjal. Jenis ini disebabkan oleh kondisi warisan yang disebut cystinuria, yang mempengaruhi jumlah asam yang dilewatkan dalam urine Anda.

Pencegahan Batu Ginjal

Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Yang pertama adalah dengan minum air putih secukupnya setiap hari. Selain dapat mencegah dehidrasi, minum cukup air putih juga dapat mengencerkan urine Anda sehingga zat-zat limbah yang disaring ginjal dari darah tidak mudah mengendap dan selalu terbuang secara lancar.

Langkah pencegahan yang kedua adalah dengan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Misalnya seperti oksalat, protein hewani, dan suplemen kalsium. Pilihlah makanan dengan kandungan garam yang rendah.

Pengobatan Batu Ginjal

Pengobatan penyakit batu ginjal tergantung kepada ukuran batu. Jika masih tergolong kecil, batu ginjal masih dapat keluar melalui saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi. Sebaliknya, jika sudah tergolong besar, batu ginjal tidak dapat keluar maka harus dilakukan operasi. Tapi  bagi Anda yang menginginkan penyembuhan alami tanpa harus melakukan operasi, kini sudah banyak alternatif alami untuk menghancurkan batu ginjal, salah satunya dengan ekstrak teripang. Informasi lebih lengkap dapat Anda simak di artikel >> Cara Mengobati Batu Ginjal


Penyebab Terjadinya Penyakit Batu Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar