Selasa, 05 Juni 2018

Macam-Macam Penyakit Lambung dan Ciri-Cirinya

Macam-Macam Penyakit Lambung dan Ciri-Cirinya,- Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan dengan dan menyerap beberapa sari-sari makanan. Pada lambung terdapat enzim renin, pepsin, dan asam klorida. Lambung akan melumatkan makanan hingga benar-benar hancur seperti bubur.

Perannya sebagai sistem pencernaan rentan terhadap berbagai penyakit, dan penyakit tersebut didasarkan karena pola hidup yang kurang sehat dan pola makan kita yang kurang teratur. Jika lambung sudah terluka, infeksi dan terserang oleh bakteri, maka fungsi dari lambung itu tidak akan bekerja secara optimal dan akan muncul berbagai penyakit lambung. 

Macam-Macam Penyakit Lambung dan Ciri-Cirinya


Macam-Macam Penyakit Lambung dan Ciri-Cirinya


Berikut adalah ragam penyakit pada lambung dan ciri-cirinya yang harus Anda ketahui:

1. Penyakit Maag/Asam Lambung

Penyakit ini adalah jenis penyakit yang paling banyak menyerang manusia. Penyakit ini memiliki gejala nyeri pada bagian kiri perut, dan mual. Jika kondisinya sudah akut maka bisa juga terasa sesak atau dada terasa panas. Hal ini disebabkan karena asam lambung atau asam klorida yang terakumulasi dan kemudian naik sampai rongga dada maupun bagian rongga mulut. Biasanya hal ini terjadi ketika anda tidak makan dlam jangka waktu yang lama.

2. Penyakit Gastritis

Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung. Penyebab gastritis adalah terlalu banyak minum-minuman beralkohol, penggunaan jangka panjang obat aspirin dan ibuprofen, dll. Gastritis juga dapat muncul setelah operasi, luka trauma, luka bakar, atau infeksi berat. Penyebab kronisnya adalah infeksi bakteri Heliobacter pylori, refluks empedu, dan stress. Gejala gastritis adalah gangguan pencernaan, perut kembung, mual, dan muntah.

3. Penyakit Gastroenteritis

Penyakit ini dikenal juga sebagai infeksi diare yaitu peradangan dari saluran pencernaan yang melibatkan lambung dan usus kecil. Tanda gejala termasuk beberapa kombinasi dari diare, muntal dan nyeri perut. Demam, kekurangan energi dan dehidrasi juga dapat terjadi dan biasanya ini berlangsung kurang dari 2 minggu. Gastroentritis dapat disebabkan oleh infeksi dari virus, bakteri, parasit dan jamur, namun penyebab yang paling umum adalah virus.

4. Penyakit Tukak Lambung

Tukak lambung adalah kondisi yang mengacu pada luka menyakitkan atau borok di lapisan lambung atau bagian pertama dari usus kecil, yang disebut duodenum. Beberapa gejala tukak lambung yaitu mual, muntah, kehingan selera makan, penurunan berat badan, dan kasus parah terjadi pendarahan di perut/duodenum.

5. Penyakit Gastroparesis

Gastroparesis merupakan penyakit lambung yang diakibatkan oleh rusaknya saraf vagus yang mana membuat tubuh anda tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Gangguan saraf ini membuat kemampuan memindahkan makanan dari lambung ke usus halus menjadi terganggu sehingga perut terasa penuh.

Ciri-cirinya: nafsu makan berkurang, mulas, perut kembung, kadar glukosa darah yang tidak menentu, kurangnya nafsu makan, kejang dinding perut, dan malnutrisi.

6. Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Penyakit Gerd merupakan penyakit lambung yang disebabkan oleh asam lambung  atau empedu yang membalik ke kerongkong yang dapat mengakibatkan penyakit pencernaan kritis. Gejala yang ditimbulkan yaitu rasa nyeri ulu hati. Apabila penyakit ini dibiarkan dapat mengakibatkan penyakit lambung yang kronis.


7. Penyakit Dispepsia

Dispepsia atau dikenal dengan gangguan pencernaan yang ditandai dengan nyeri dan perih di bagian atas perut serta perut terasa penuh padahal belum makan. Terkadang disertai dengan perut kembung, bersendawa, mual, dan maag. Dispepsia sering terjadi pada penderita GERD dan gastritis.

8. Penyakit Tumor Lambung (Polip Lambung)

Tumor lambung adalah tumor yang ditandai dengan tumbuhnya polip (bintil-bintil) pada lambung. Tumor lambung masih bisa diangkat dan tidak berbahaya karena tidak menyebar ke organ tubuh lain. Salah satu penyebab tumor lambung adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan berbahan pengawet. Tumor lambung akan menjadi kanker lambung jika polip berukuran lebih dari 2 cm, terdapat sel glandular, dan terdapat banyak polip di dalam lambung.

9. Penyakit Kanker Lambung

Kanker lambung adalah kanker yang berkembang di area lambung. Kanker lambung adalah penyebab paling umum ketiga kematian terkait kanker didunia. Penyebab utama kanker lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adalah merokok. Kanker lambung dapat menyebar ke bagian tubuh lain seperti hati, paru-paru, tulang, lapisan perut, dan kelenjar getah bening

Gejala penyakit ini adalah mulas, mual, nyeri perut bagian atas, kehilangan nafsu makan yang berakibat penurunan berat badan, adanya darah yang keluar bersama kotoran dan kesulitan menelan.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam penyakit lambung dan ciri-cirinya yang dapat kami sampaikan. Jagalah pola makan secara teratur agar terhindar dari jenis penyakit lambung diatas. Jika terjadi pada Anda segera periksakan dan lakukan pengobatan secara teratur sebelum penyakit lambung menjadi lebih parah dan kronis.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat...

Macam-Macam Penyakit Lambung dan Ciri-Cirinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar