Senin, 23 Oktober 2017

Hindari 11 Makanan Pantangan Darah Tinggi

Hindari 11 Makanan Pantangan Darah Tinggi,- Menderita penyakit tertentu sering mengharuskan penderita menghindari makanan-makanan tertentu, termasuk penderita darah tinggi. Bagi penderita darah tinggi, ada beberapa zat makanan yang menjadi pantangan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Menjaga agar tekanan darah tidak terlalu tinggi adalah salah satu usaha untuk menurunkan risiko beberapa komplikasi penyakit yang selalu mengancam penderita darah tinggi.

Hindari 11 Makanan Pantangan Darah Tinggi

Berikut adalah beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita darah tinggi, antara lain:

1. Garam

Mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan banyak garam adalah pantangan yang sangat utama bagi penderita tekanan darah tinggi. Menambahkan garam secara langsung ke berbagai jenis masakan juga sangat dilarang. Makanan untuk penderita tekanan darah tinggi harus minimal garam dan jika perlu gunakan garam khusus. Garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Beberapa contoh makanan tinggi natrium antara lain: daging deli, pizza beku, mie instan, sup kalengan, dan produk tomat kalengan, dan sebagainya.

2. Makanan Manis / Gula

Selain makanan asin, gula atau semua jenis makanan yang manis juga dilarang untuk penderita darah tinggi. Makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan berat badan. Jika konsumsi gula atau makanan manis berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyumbatan pada pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. Asupan lemak trans atau jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung.

(* Tanaman Obat Penurun Darah Tinggi

4. Daging Berlemak

Daging berlemak segar seperti daging sapi dan daging domba sangat dilarang untuk penderita darah tinggi. Daging merah yang mengandung lemak juga bisa mengandung berbagai jenis racun yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang sangat cepat.

5. Acar

Seperti terlihat menyehatkan ketika kita memandang acar yang terdiri dari sayur-sayuran. Makanan berbentuk acar ini merupakan cara mengolah makanan agar awet dan pengawetnya adalah garam. Namun, garam dapat mengendap atau bersarang dalam mentimun yang dijadikan acar, seolah-olah menjadi spons natrium. Jadi yang membuat tidak boleh untuk penderita darah tinggi adalah kadar garamnya.

6. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik, tetapi juga sebagai sumber lemak yang tinggi, seperti susu biasa (whole milk), memberikan lebih banyak lemak dari yang Anda butuhkan. Satu cangkir susu mengandung 8 gram lemak dengan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh itu buruk bagi kesehatan jantung dan pemuluh darah. Beralihlah ke susu rendah lemak atau susu skim.

7. Kulit Ayam

Banyak yang belum mengetahui bahwa ini merupakan salah satu makanan pantangan darah tinggi. Hal ini karena kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya susu penuh lemak, daging merah, dan mentega. Bahaya juga karena kandungan lemak trans. Lemak trans ditemukan secara alami dalam jumlah kecil pada daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang terbesar dari lemak trans adalah makanan yang dikemas dan makanan siap saji seperti goreng-gorengan. Jadi makin tidak boleh lagi memakan daging ayam berkulit yang digoreng.

8. Mie Instan

Mie instan begitu populer di kalangan mahasiswa, padahal ini makanan yang tidak sehat. Dalam satu bungkus mie instan terdapat lemak dan natrium yang jumlahnya tidak sedikit, dalam serbuk bumbu itulah natrium berada yang tentunya ini menjadi makanan pantangan penderita hipertensi.

9. Makanan Kaleng

Pengawet yang dipakai untuk megawetkan makanan kaleng terbuat dari substansi yang membentuk garam. Alasan inilah yang membuat makanan kaleng menjadi pantangan darah tinggi. Mungkin rasa makanan kaleng tidak begitu asin, namun hati-hati karena kadar garam yang dikandungnya tetao tinggi.

10. Kopi

Jika Anda memiliki hipertensi atau prehipertensi, maka mulailah menghindari kopi. Secangkir kopi di pagi hari benar-benar dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara. Jika Anda peminum kopi, maka kebiasaa inilah yang menyebabkan darah tinggi. Perhatikan bahwa setiap minuman berkafein, selain kopi, juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah termasuk minuman soda atau teh berkafein.

11. Alkohol

Konsumsi alkohol secara aktif menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini juga merusak dinding pembuluh darah, sekaligus meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Untuk itu jagalah selalu asupan makanan dan hindari 11 makanan pantangan darah tinggi tersebut supaya tidak berisiko meningkatkan terjadinya darah tinggi. Jaga selalu tekanan darah Anda agar selalu normal dengan rutin mengkonsumsi obat darah tinggi.

QnC Jelly Gamat Obat Darah Tinggi Yang Ampuh dan Aman

Hindari 11 Makanan Pantangan Darah Tinggi

QnC Jelly Gamat merupakan salah satu produk herbal terbaik yang terbuat dari spesies Teripang Emas pilihan para ahli kesehatan yang kaya akan kandungan nutrisi dan juga berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit akut maupun kronis, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi. QnC Jelly Gamat ini telah terdaftar di DEPKES P-IRT 109321601291-1229 dan BPOM TR 173301471 sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi obat darah tinggi QnC Jelly Gamat karena produk ini sudah teruji dan sangat aman untuk dikonsumsi karena sudah berlabel HALAL dari MUI.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa lihat di >> Cara Mengobati Darah Tinggi

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung...

Simak juga:


Hindari 11 Makanan Pantangan Darah Tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar