Selasa, 14 Februari 2017

Bolehkah Penderita Batu Ginjal Minum Kopi?

Bolehkah Penderita Batu Ginjal Minum Kopi?,- Kopi adalah jenis minuman yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, mulai dari yang muda sampai yang tua. Banyak peminat kopi yang memaparkan bahwa kopi yang mereka minum memberikan banyak manfaat seperti menghilangkan kantuk, menimbulkan rasa senang, merefreshkan pikiran dan yang lainnya.


Bolehkah Penderita Batu Ginjal Minum Kopi?


Bolehkah Penderita Batu Ginjal Minum Kopi?

Sebenarnya mengkonsumsi kopi atau mengkonsumsi makanan dan minumamn yang mengandung kafein boleh boleh saja asalkan tidak berlebihan. Berikut adalah fakta kopi dengan ginjal yang harus  Anda ketahui:
  • Kopi dapat merusak ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan dan dengan kadar kafein yang tinggi.
  • Batas mengkonsumsi kopi yang wajar adalah 1-2 cangkir perhari. Jika mengkomsumsi secara berlebihan yaitu 4 atau lebih maka akan memberikan efek yang berbahaya bagi ginjal Anda.
  • Mengkonsumsi kopi tidak akan memberikan dampak negatif jika dikonsumsi dengan dosis dan tingkat kafein yang wajar. Tapi bagi penderita penyakit ginjal harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein dan alangkah baiknya untuk menjauhi kopi.
  • Mengkonsumsi kopi dengan dosis yang wajar dan tingkat kafein yang rendah dapat mencegah terjadinya batu ginjal bagi orang yang sehat. Bagi penderita penyakit ginjal tidak dianjurkan untuk minum kopi dan bisa menggantinya dengan memperbanyak minum air putih.

 Bahaya Kopi bagi Ginjal

Kopi dengan sensasi rasa yang nikmat ternyata mempunyai bahaya untuk kesehatan tubuh kita. Kita harus tahu seberapa takaran tubuh kita untuk bisa mengkonsumsi kopi. Berikut adalah bahaya kopi bagi penderita batu ginjal:

  • Merusak Filter Ginjal
Kopi merupakan salah satu minuman yang tidak dianjurkan untuk orang yang menderita batu ginjal, karena zat yang terdapat didalam kopi tidak baik untuk kesehatan ginjal. Kopi mengandung zat kafein yang dapat menyebabkan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan meningkat dan menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras lagi. Jika hal ini terus terjadi secara terus menerus maka filter ginjal akan cepat rusak karena ginjal berfungsi untuk memfilter darah di dalam tubuh. Jika filter ginjal rusak maka ginjal tidak bisa menyaring darah dalam urine.

  • Merusak Ginjal
Ginjal akan fungsinya jika filter ginjal semakin rusak dan bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Penyakit ginjal bermacam-macam seperti gagal ginjal, batu ginjal, radang ginjal (nefritis), hematuria, glukosuria, sistisis, dan lainnya. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi tidak normal sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Jika seseorang terkena gagal ginjal, maka dia harus melakukan cuci darah setiap minggunya atau setiap bulannya.


Bahaya Kopi bagi Kesehatan

Kopi dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan dosis yang tidak berlebihan. Tetapi, jika kopi dikonsumsi dengan berlebihan maka akan mendatangkan risiko bagi kesehatan tubuh, dianatranya adalah:
  1. Dapat menimbulkan gejala atau sakit maag
  2. Dapat menimbulkan risiko serangan jantung
  3. Menyebabkan detang jantung lebih cepat dari biasanya
  4. Menimbulkan gejal insomnia
  5. Bagi ibu hamil dapat menyebabkan keguguran
  6. Dapat melemahkan daya tahan tubuh

Bagi orang yang telah mengalami penyakit ginjal, maka harus lebih menjaga kesehatan tubuh serta memperhatikan setiap makanan atau minuman yang hendak kita konsumsi karena tidak semua makanan dan minuman baik untuk dikonsumsi apalagi seseorang yang telah mengalami sakit ginjal maka harus bisa mengenal makanan dan minuman yang dianjurkan serta tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat..

Simak artikel lainnya:

Bolehkah Penderita Batu Ginjal Minum Kopi?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar