Jumat, 03 Februari 2017

Dampak dan Efek Samping Operasi Batu Ginjal

Dampak dan Efek Samping Operasi Batu Ginjal,- Batu ginjal adalah penyakit yang dialami pada bagian ginjal yang didalamnya terdapat kristal kecil yang nantinya akan tumbuh menjadi besar, jika di diamkan tanpa proses penyembuhan dan pemulihan akan berdampak pada ginjal.

Dampak dan Efek Samping Operasi Batu Ginjal


Dampak dan Efek Samping Operasi Batu Ginjal

Banyak ilmuwan berpendapat, risiko tertinggi mengalami komplikasi operasi batu ginjal lebih pada mereka yang berusia lanjut dan telah sakit serta pernah dirawat selama beberapa tahun terakhir. Komplikasi dari pengangkatan batu ginjal mengalami kenaikan atau cenderung lebih berbahaya.

Hampir 95% kasus batu ginjal tidak harus melakukan operasi, karena batu ginjal sendiri bisa hilang seiring dengan pengobatan yang tepat dan pola hidup yang sehat. Batu ginjal dengan ukuran 5 mm bisa sembuh tanpa harus melakukan operasi. Apabila ukuran batu ginjal sudah mencapai 10 mm atau bahkan sebesar bola golf, maka harus melakukan penghancuran dengan cara operasi. Batu tersebut lama-kelamaan akan membesar dan akan menimbulkan kerusakan pada ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

Kehadiran penyakit lain setelah melakukan operasi pengangkatan batu ginjal dan komplikasi keseluruhan meningkat menjadi 12% sampai 16%.

Efek Samping Operasi Batu Ginjal

Ada beberapa efek negatif yang dapat terjadi setelah operasi adalah pendarahan terus menerus, risiko infeksi dari peralatan yang tidak steril, kemungkinan saat operasi ginjal justru malah merusak dan mengganggu fungsi normalnya.

Terdapat bekas luka akibat operasi, ukurannya bisa mencapai 15cm sampai 25cm. Setelah melakukan operasi, penderita harus tinggal di rumah sakit selama 6-10 hari. Dalam masa penyembuhan dan pemulihan akan berlangsung selama 4 sampai 6 minggu setelah operasi.

Efek lain juga dapat menimbulkan cedera jaringan, terutama pada pembuluh darah yang berdinding tipis akan mengakibatkan pendarahan pada air seni dan hal ini menyebabkan air seni berdarah. Cedera jaringan akan menimbulkan reaksi radang, yang masa pemulihannya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu.

Jika Anda tidak ingin mengalami hal di atas, ada cara lain untuk menghancurkan batu ginjal yaitu dengan cara alami. Anda cukup mengkonsumi obat herbal, karena obat herbal tidak mempunyai efek samping seperti di atas. 

Demikianlah informasi mengenai dampak dan efek samping operasi batu ginjal, semoga bermanfaat.
Salam sehat, by Cara Mengobati Batu Ginjal

Baca juga:

Dampak dan Efek Samping Operasi Batu Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar