Jumat, 03 Februari 2017

Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Harus Diwaspadai Sejak Dini,- Gejala sakit ginjal pada wanita tidaklah jauh berbeda dengan gejala yang timbul pada umumnya. Pada tahapan awal gejala sakit ginjal tidak akan terlihat parah. Tetapi lama kelamaan gejala tersebut akan menjadi parah. Jika gejala batu ginjal pada wanita semakin parah, maka semakin banyak masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Secara umum kelainan ginjal yang terjadi pada wanita bisa berupa infeksi saluran kemih atau gagal ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ ekskresi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuang racun. Jika ginjal tidak berfungsi dengan seharusnya, maka di dalam tubuh akan tertinggal banyak zat racun  yang dapat membahayakan tubuh.

Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Harus Diwaspadai Sejak Dini


Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Pada umumnya penyakit ginjal terjadi karena kebanyakan masyarakat belum mengetahui secara pasti penyakit ginjal dan gejalanya, yang membuat penyakit ginjal menjadi parah. Selain kurangnya kesadaran diri, faktor keturunan juga menjadi sebab sakit ginjal. Berikut adalah beberapa gejala sakit ginjal pada wanita yang perlu diwaspadai sejak dini:

1. Rasa gatal yang berlebihan

Jika ginjal sudah tidak berfungsi dengan normal, maka akan terjadi tumpukan kotoran  dari sisa metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan gatal yang berlebihan dan tidak sewajarnya. Rasa gatal ini bisa menimbulkan luka dan pendarahan karena sering digaruk dan terjadi secara terus menerus. Gejala ini biasanya dirasakan di bagian tangan, pergelangan kaki serta tangan, dan bisa juga dirasakan di bagian tubuh yang lain.

2. Menggigil Kedinginan

Pada beberapa kasus sakit ginjal, biasanya penderita akan merasakan sangat dingin bahkan sampai menggigil saat tengah malam padahal suhu tidak terlalu dingin. Rasa dingin yang dirasakan tubuh sepanjang waktu, menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah akibat gangguan pada ginjal.

3. Menderita Sesak Nafas

Ginjal yang tidak berfungsi secara normal akan membuat penumpukan cairan di dalam tubuh. Cairan tersebut akan menumpuk di paru-paru, sehingga paru-paru seolah tertutup dan akan merasa sesak nafas atau sulit bernafas. Kurangnya pasokan oksigen membuat tubuh kekurangan oksigen atau nafas mudah habis.

4. Cepat Lelah

Kurang sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh akan membuat penderita ginjal mudah lelah. Alasannya adalah oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam pemecahan makanan menjadi  energi. Jika oksigen yang ada di dalam tubuh sedikit akibatnya adalah makanan yang dipecahkan menjadi energi pun hanya sedikit. Kekurangan energi di dalam tubuh bisa menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.

5. Tidak Bisa Konsentrasi

Pada penderita ginjal akan sulit sekali untuk konsentrasi. Bahkan untuk waktu yang sebentar saja dia tidak bisa untuk konsentrasi. Sulit konsentrasi itu disebabkan oleh anemia yang diderita oleh penderita ginjal. Asupan oksigen yang tidak cukup atau sedikit dan juga sedikitnya sel darah merah di otak membuat penderita penyakit ginjal sulit untuk melakukan konsentrasi.

6. Sering Kehilangan Keseimbangan

Rasa pusing yang sering dialami oleh penderita ginjal menyebabkan dirinya tidak bisa menjaga keseimbangan. Untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita penyakit ginjal akan sering sekali terjatuh.

7. Sakit di Sekitar Pinggang

Sakit disekitar pinggang merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita penyakit ginjal. Kondisi ini juga menjadi salah satu gejala sakit ginjal pada wanita yang biasanya mengakibatkan batu ginjal terjebak dalam ureter. Itulah yang menyebabkan rasa sakit tersebut. Pada awalnya rasa sakit tersebut hanya terasa sesekali saja, namun semakin lama dan semakin parah penyakit ginjal yang Anda rasakan, maka rasa sakit di sekitar pinggang akan sering muncul dan berlangsung lama.

8. Hormon Terganggu

Orang yang menderita sakit ginjal akan memiliki ginjal yang tidak berfungsi sehingga kinerja ginjal tidak maksimal. Ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi hormon. Fungsi ginjal yang menurun bisa membuat gangguan hormon. Gangguan hormon itu bisa mengakibatkan hormon pembuat tekanan di dalam darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya menurun.

Sudah seharusnya Anda mempelajari dan mengetahui gejala sakit ginjal sedini mungkin agar Anda bisa menanganinya dan terhindar dari gangguan sakit ginjal yang lebih parah. Jika Anda tidak mau mengalami gejala sakit ginjal, Anda harus menjaga kesehatan tubuh dan banyak minum air putih paling sedikit 8 gelas dalam sehari. Dengan demikian ginjal Anda akan lebih terjaga. 

Itulah beberapa gejala sakit ginjal pada wanita yang harus diwaspadai sejak dini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Baca juga:
 Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar