Kamis, 21 September 2017

17 Anjuran Makanan Penderita Batu Empedu

17 Anjuran Makanan Penderita Batu Empedu,- Batu empedu adalah penyakit yang disebabkan karena banyaknya kandungan kolesterol dalam empedu. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut yang disertai dengan mual, muntah, dan menggigil. Jika tidak diobati, batu empedu akan mengakibatkan demam parah dan infeksi kandung empedu.

Untuk menghindari kondisi yang makin  parah, penderita batu empedu harus melakukan kontrol yang sangat teliti terhadap makanan. Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu. Berikut ini adalah beberapa anjuran makanan untuk penderita batu empedu.


17 Anjuran Makanan Penderita Batu Empedu


17 Anjuran Makanan Penderita Batu Empedu

1. Lobak

Salah satu sumber makanan yang bisa menjadi obat bagi batu empedu yakni lobak hitam karena terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kadar HDL dan menurunkan lipid dalam darah.

2. Beras Merah

Beras merah bisa juga menjadi menu pengganti beras putih, yang mana beras merah tidak meningkatkan potensi lemak dalam tubuh. Kandungan zat antioksidan di dalam beras merah bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Lemon

Lemon memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang sangat baik untuk penderita batu empedu. Kandungan asam sitrat dan vitamin C bisa membantu melarutkan klasifikasi dalam tubuh sehingga lemon bisa digunakan untuk melarutkan batu empedu.

4. Ikan Tuna

Ikan tuna bisa menjadi sumber protein tinggi untuk penderita batu empedu, konsumsi ikan tuna yang masuk dalam batas toleransi adalah sekitar 3 ons per hari. Kandungan ikan tuna yang baik untuk kesehatan empedu adalah omega 3 yang bermanfaat untuk mengatur kolesterol buruk pada tubuh.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi dan zat asam yang bisa mencegah pembentukan batu empedu. Bahkan mengkonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi resiko pembentukan batu empedu.

6. Apel

Apel termasuk salah satu buah yang bisa menjadi cemilan sehat bagi penderita penyakit batu ginjal. Apel mengandung asam malat dan tartrat yang dapat memecah kolesterol. 80% penyakit batu empedu disebabkan oleh kolesterol. Sehingga mengkonsumsi buah apel dapat melembutkan atau membantu untuk melarutkan batu empedu.

Baca juga: Cara Terapi Apel Untuk Penyakit Batu Empedu

7. Buah Bit

Buah yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kantong empedu. Dimana mereka bekerja dengan membantu tipis empedu untuk memecah lumpur, batu empedu kecil, membersihkan sel hati, kandung empedu dan lainnya. Bit mengandung serat larut, betaine, dan besi yang berkualitas tinggi.

8. Kunyit

Rempah yang sering mnajdi bahan utama dalam pembuatan masakan kari di india, dimana ia juga memberikan warna kuningnya yang khas menjadi bumbu yang tidak aneh lagi dikalangan masyarakat. Kunyit merupakan termasuk komponen yang memiliki sifat menguntungkan yakni dapat menurunkan peradangan, menghancurkan sel-sel kanker hati dan yang paling utama adalah kantong empedu dan melarutkan batu empedu.

9. Semangka

Buah yang satu ini memiliki kandungan air mencapai lebih dari 90%.Selain itu juga, semangka mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C, kandungan licopene, asam amino dan antioksidan. Senyawa licopene dalam semangka mampu mengatasi dan mencegah peradangan dan antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas serta membantu mengobati batu empedu.

10. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau memiliki rasa yang menyegarkan bagi tubuh. Selain itu kandungan isotonik dan elektrolit yang terdapat dalam air kelapa mampu mencegah dehidrasi, membersihkan saluran pencernaan serta kantung empedu dari penumpukan lemak dan kolesterol jahat. Cara : Panaskan air kelapa hijau hingga mendidih, selanjutnya di minum jika telah dingin.

11. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang bisa menjadi sumber kalori untuk tubuh. Yogurt memiliki beberapa kandungan yang sangat baik untuk penderita batu empedu seperti protein, serat, anti oksidan dan lemak tak jenuh. Yogurt mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk penderita batu empedu. Bahkan konsumsi yogurt secara rutin dapat mencegah komplikasi batu empedu.

12. Ikan salmon

Selain ikan tuna, Anda juga dapat mengonsumsi ikan salmon. Ikan yang satu ini mempunyai fungsi yang sama seperti ikan tuna. Kandungan omega 3 di dalamnya akan membantu menurunkan kolesterol di dalam empedu Anda.

13. Brokoli

Jenis sayuran yang dapat menyehatkan tubuh Anda dari serangan penyakit batu empedu yaitu brokoli. Brokoli mengandung banyak serat serta banyak vitamin yang akan membuat empedu Anda lebih sehat tanpa penyakit. Brokoli bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas karena jika berlebihan dapat menyebabkan produksi gas yang menyebabkan sakit perut.

14. Mentimun

Mentimun memiliki banyak kandungan air yang bermanfaat untuk membersihkan racun pada hati. Selain itu mentimun juga banyak mengandung vitamin B, lariciresinol, secoisolariciresinol dan pinoresinol. Anda bisa mengkonsumsi mentimun menjadi jus. Bahkan campuran jus mentimun, wortel dan jeruk sangat disarankan untuk penderita batu empedu.

15. Artichoke

Dimana sayuran ini berperan dapat mendorong produksi empedu berlebih. Sehingga hal ini pada gilirannya bisa mengencerkan bawah proporsi kolesterol dalam kandung empedu anda yang dapat membantu melarutkan batu empedu.

16. Tomat

Tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah tomat antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat dan tiamin. Bahkan buah tomat juga mengandung sumber kalsium seperti potassium, mangan, magnesium, tembaga dan fosfor. Senyawa licopene dalam tomat juga  berperan penting untuk mengendalikan kesehatan organ vital tubuh seperti empedu. Konsumsi tomat secara rutin akan mengurangi resiko batu empedu dan meringankan sakit batu empedu.

17. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung banyak vitamin A, vitamin B5, B6, dan beberapa senyawa lain seperti niasin, riboflavin, tiamin dan karotenoid. Bahkan ubi jalar sama sekali tidak memiliki kandungan lemak dan rendah sodium. Serat dalam ubi jalar juga sangat baik untuk membantu proses pencernaan. Ubi jalar bisa dikonsumsi oleh penderita batu empedu dengan cara direbus atau dikukus.

Pantangan Makanan Penderita Batu Empedu


Berikut adalah jenis makanan yang harus dihindari penderita batu empedu, antara lain:

  • Makanan yang banyak mengandung lemak dan memiliki kadar gula tinggi.
  • Makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung kolesterol jahat.
  • Makanan yang banyak mengandung sodium.
  • Makanan tinggi protein yang berasal dari hewan seperti susu tinggi lemak dan keju.
  • Makanan yang manis, junk food, snack, dan minuman kemasan.

Itulah informasi mengenai 17 anjuran makanan penderita batu empedu yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan terima kasih atas kunjungannya..

Disamping dengan mengkonsumsi anjuran makanan di atas, kami rekomendasikan Anda untuk melakukan pengobatan dengan obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari Ektrak Teripang Emas yang sudah teruji dan terbukti Ampuh dalam membantu mengatasi, mencegah, mengobati, bahkan menyembuhkan penyakit batu empedu secara alami tanpa operasi. Aman dikonsumsi  semua kalangan termasuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Informasi lebih lengkap dapat Anda simak di artikel >> Cara Mengobati Batu Empedu



Simak Juga Artikel Lainnya:
 17 Anjuran Makanan Penderita Batu Empedu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar