Sabtu, 16 September 2017

Makanan Penyebab Batu Empedu Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Batu Empedu Yang Harus Dihindari,- Batu empedu atau cholelitiasis dalam istilah medis adalah merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pengerasan cairan empedu. Cairan empedu bisa mengeras dan menjadi bongkahan di dalam kantung empedu. Batu empedu terjadi karena penumpukan kolesterol.

Makanan Penyebab Batu Empedu Yang Harus Dihindari

Penyakit batu empedu cenderung menyerang kelompok orang dengan usia di atas 40 tahun. Laki-laki dua kali lebih berisiko terkena batu empedu daripada perempuan. Orang dengan berat badan berlebih dapat terkena penyakit batu empedu karena kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Ibu hamil dan ibu yang pernah melahirkan juga memiliki risiko terkena batu empedu karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan.

Batu empedu yang parah akan menyebabkan rasa sakit pada perut bagian kanan. Selain sakit perut, batu empedu juga menimbulkan gejala seperti demam tinggi, mual dan muntah, detak jantung meningkat, sakit kuning, nafsu makan menurun, dan kulit terasa gatal-gatal.

Makanan Penyebab Batu Empedu Yang Harus Dihindari

Tahukah Anda bahwa makanan juga dapat menyebabkan terjadinya batu empedu? Beberapa jenis makanan dapat menjadi faktor mengerasnya cairan empedu. Berikut adalah makanan yang dapat menimbulkan batu empedu yang harus Anda hindari, antara lain:

1. Daging

Mengonsumsi daging yang berlemak dapat memicu pengerasan cairan empedu. Mengkonsumsi daging memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menenuhi kebutuhan protein. Akan tetapi, sebaiknya hindari daging yang berlemak dan menggantinya dengan daging yang tidak berlemak.

2. Garam

Mengonsumsi garam berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh. Garam dapat mengakibatkan darah tinggi dan peradangan pada usus. Tidak hanya itu, mengonsumsi garam berlebih juga dapat mengakibatkan pengerasan batu empedu semakin parah.

3. Gorengan

Semua jenis gorengan  mengandung lemak jenuh yang di dapat dari proses pengolahannya dan sampai saat ini belum ada gorengan yang benar-benar sehat. Oleh karena itulah sebaiknya tidak mengonsumsi gorengan terlalu sering supaya kondisi batu empedu yang Anda derita tidak semakin parah.

4. Unggas

Beberapa jenis unggas seperti bebek dan burung puyuh memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Karena kolesterol merupakan faktor penyebab mengerasnya cairan empedu, penumpukan kolesterol yang terlalu banyak di dalam tubuh akan  dapat memicu batu empedu. Bagian kulit unggas dan telurnya adalah bagian yang paling banyak mengandung kolesterol. Telur ayam juga tidak terlalu baik untuk batu empedu. Sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan jenis ini untuk mencegah terjadinya batu empedu.

5. Makanan Olahan

Banyak sekali makanan hasil olahan yang bertahan lama ketika disimpan, seperti nugget, kentang, sosis, bakso, otak-otak dan semua jenis katsu yang dikemas dan disimpan dalam lemari es selama beberapa waktu. Jenis makanan ini memang praktis dan disukai banyak orang. Namun ternyata jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang dapat memperburuk kondisi batu empedu.

6. Susu dan Produk Olahan Susu

Susu memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Namun susu terutama yang tinggi akan kandungan lemak serta berbagai produk susu seperti keju, krim keju, dan es krim sangat dianjurkan untuk dihindari. Karena jenis makanan tersebut memiliki kandungan lemak hewan yang tinggi sehingga dapat memperparah kondisi batu empedu.

7. Makanan Yang Mengandung Oksalat

Oksalat merupakan sejenis asam yang dapat dengan mudah membentuk kristal sehingga dapat menjadi penyebab batu ginjal. Batasilah konsumsi makanan yang mengandung oksalat. Batas aman konsumsi makanan yang mengandung oksalat adalah sekira 50mg per hari. Jenis makanan yang mengandung oksalat di antaranya biji-bijian, teh, cokelat, dan gandum.

Bagi Anda yang mengalami batu empedu, tidak usah khawatir karena kami mempunyai solusi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan batu empedu Anda dengan cara alami aman tanpa efek samping, yakni dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat TERBUKTI AMPUH terbuat dari 100% bahan alami pilhan terbaik. Informasi mengenai QnC Jelly Gamat lebih lengkap KLIK >> Cara Mengobati Batu Empedu

Itulah makanan penyebab batu empedu yang harus dihindari penderita batu empedu, agar penyakit yang di derita tidak semakin parah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan terima kasih atas kunjungannya..

Simak artikel lainnya:

Salam sehat, by:

Makanan Penyebab Batu Empedu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar