Senin, 25 September 2017

Kenali Gejala Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Kenali Gejala Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya Sejak Dini,- Batu ginjal merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh pengkristalan asam urat menjadi batu ginjal. Pada umumnya dialami oleh para pria yang berusia 30 sampai 50 ke atas. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, faktor keturunan, sering menahan atau jarang buang air kecil dan tentunya sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung pengawet dan bahan kimia.

Kenali Gejala Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Kenali Gejala Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya Sejak Dini


 Gejala awal yang di derita penderita batu ginjal antara lain:
  1. Terasa nyeri dan sakit saat buang air kecil.
  2. Demam tinggi dan sering mengeluhkan rasa sakit pada pinggang.
  3. Terjadinya pembengkakan pada kaki dan mata, perubahan warna struktur air seni.
  4. Berkurangnya nafsu makan dan turunnya berat badan.
  5. Pembengkakan juga terjadi pada pergelangan kaki dan tangan.
  6. Terkadang merasakan sesak napas/sulit bernapas, juga selalu merasakan lelah dan lemas.
  7. Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
  8. Warna urine terlihat keruh, coklat bahkan berdarah & beraroma tak sedap.
  9. Mual dan muntah.

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bila tidak segera ditangani. Oleh karena itu sebagai edukasi sebaiknya Anda harus melakukan pencegahan terhadap penyakit batu ginjal sejak dini. Berikut merupakan beberapa tips agar Anda bisa mencegahnya dan mengatasi penyakit batu ginjal.

1. Mengontrol diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan baik, penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah.

2. Mengurangi asupan garam, garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

3. Minum 8 gelas air setiap hari, 70% tubuh kita tediri atas air, jadi air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah, membantu pencernaan, dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

4. Jangan menahan buang air kecil , sebisa mungkin kalau ada kesempatan segera buang air kecil sebab selama proses penyaringan dilakukan oleh ginjal, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang.

5. Makan dengan benar, jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.

6. Minum minuman yang sehat, jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

7. Stop konsumsi alkohol, kelebihan asupan alkohol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal.

8. Stop Merokok, rokok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan karena zat berbahaya yang masuk ke dalam darah dan disaring oleh ginjal.

9. Olahraga rutin, kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat, dengan rutin olahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal.

10. Hindari mengkonsumsi obat tanpa saran dari medis, obat-obatan yang Anda konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal.

Seperti kata pepatah "Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati" Untuk itu, mulai dari sekarang terapkanlah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan yang bergizi dan rajin berolahraga.

Selain dengan langkah-langkah diatas, ada cara lain yang juga bisa diandalkan untuk mencegah atau menghancurkan pembentukan batu ginjal, yaitu dengan mengonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat yang aman di konsumsi tanpa efek samping juga tanpa operasi. Info Lebih Lanjut, Sialhkan Kunjungi >> Cara Mengobati Batu Ginjal

Demikianlah artikel mengenai kenali 9 gejala penyakit batu ginjal sejak dini dan cara mencegahnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan terima kasih atas kunjungannya..

Salam sehat, by: http://penyakitbatuginjalherbal.blogspot.co.id


Kenali Gejala Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar