Selasa, 15 Mei 2018

Mengenal Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Mengenal Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya,- Tidak sedikit orang yang lalai menjaga kesehatan tubuhnya sendiri sehingga terkena berbagai macam penyakit dari penyakit ringan hingga tahap kronis. Setiap organ yang ada didalam tubuh kita rentan terkena bakteri dan virus sehingga menjadi sebuah penyakit. Bahkan penyakit-penyakit tersebut bisa bersatu menjadi penyakit komplikasi.

Simak juga: Ciri-Ciri Ginjal Bengkak

Mengenal Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Salah satu organ yang memiliki fungsi penting dalam tubuh adalah ginjal. Dalam ginjal terdapat 3 proses yaitu:

  1. filtrasi yaitu penyaringan.
  2. Reabsorbsi yaitu proses menyerap kembali zat zat yang masih bermanfaat bagi tubuh dan menghasilkan urin sekunder proses.
  3. Augmentasi ialah proses penambahan cairan ke urin sekunder setelah itu urin akan ditampung dalam kandung kemih untuk diekskresikan keluar tubuh.

Dengan peranan tersebut kesehatan ginjal sangat penting untuk dijaga. Namun ternyata tidak sedikit penyakit yang menyerang ginjal. Berikut adalah macam penyakit ginjal disertai dengan ciri ciri dan cara mengobatinya.

Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya



Batu Ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita para penderita penyakit ginjal. Batu ginjal sendiri terjadi karena adanya endapan dari kalsium garam,mineral dan benda benda organic lainnya. Dari kumpulan dan endapan zat zat tersebut maka terbentuk batu ginjal di dalam ginjal. Sehingga batu ginjal ini yang akan menghambat fungsi kerja ginjal itu sendiri.

Pengendapan ini disebabkan karena banyaknya kadar garam dalam bentuk larutan di dalam ginjal, konsentrasi garam yang tinggi akan mengendap dan membentuk partikel maupun zat padat. Ciri ciri penderita batu ginjal ialah adanya sulit untuk buang air kecil. Cara mengobati batu ginjal ialah mengkonsumsi air yang cukup, tidak menahan untuk buang air kecil. (Baca juga: Ciri-Ciri Batu Ginjal)

2. Nefritis

Nefritis atau radang ginjal ialah penyakit yang menyebabkan infeksi pada ginjal. Selain itu nefritis juga dapat terjadi dikarenakan adanya virus dan bakteri yang menyerang ginjal. Bakteri yang menyerang ginjal ialah bakteri Streptococcus. Bakteri ini juga merusak glomerulus karena glomerulus alergi terhadap racun yang dikeluarkan oleh bakteri ini. Hal hal lain yang menyebabkan radang ginjal diantaranya obesitas, asam urat, diabetes, daya tahan tubuh yang lemah, penggunaan obat obatan dalam waktu yang lama serta faktor keturunan.

Penderita nefrirtis memiliki ciri ciri seperti badan yang sering letih, urin berbusa, urine berdarah adanya nanah ketika buang air kecil dan warna urin yang berkeruh. Untuk mencegah penyakit ini haruslah menerapkan gaya hidup yang sehat, menjaga berat badan ideal, menjaga kadar gula dalam darah, perbanyak minum air putih, memilih obat obatan yang illegal. Namun apabila sudah terserang nefritis maka terdapat berbagai bahan alami yang digunakan untuk mengobati nefritis diantaranya kumis kucing, bubuk kopi, temulawak dan rambut jagung.


Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit mematikan. Gagal ginjal ialah hilangnya fungsi ginjal baik secara keseluruhan maupun sebagian. Gagal ginjal adalah kondisi dimana fungsi ginjal akan menurun secara pelan pelan dan bertahap. Gagal ginjal ini merupakan kerusakan ginjal seperti kelainan jaringan, komposisi darah dan urin yang dialami dalam kurun waktu lebih dari 3 bulan. Pada penderita gagal ginjal kronis pada awalnya tidak menimbulkan gejala, hal ini membuat para pengidap penyakit tidak menyadari penyakit ini sampai pada akhirnya penyakit ini memasuki tahap kronis. (Simak juga: Ciri-Ciri Gagal Ginjal)

Untuk menghindari penyakit mematikan ini adalah menjaga pola hidup sehat dan juga berolahraga. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi dan makanan yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Sindrom Nefrotik

Sindrom nefrotik adalah sebuah gangguan ginjal yang terjadi karena tubuh memiliki banyak protein yang keluar dalam urin. Kondisi ini bisa disebabkan karena terjadi kerusakan pada bagian pembuluh darah pada ginjal yang berfungsi untuk mengatasi kelebihan air. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang sangat kompleks.

Gejala gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini ialah pembengkakan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh dan bagian wajah. Hipertensi, perubahan warna pada urine dan terjadinya penumpukan cairan. Cara pengobatan penyakit ini ialah memberikan obat pengatur tekanan darah, obat untuk peningkatan sistem dan kekebalan tubuh dan pemberian obat pengencer darah.

5. Sindrom Alport

Sindrom Alport adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang melibatkan genetik karena terjadi perubahan gen dalam tubuh. Sindrom ini menyebabkan bagian glomerulus yang menyaring semua racun dan limbah tidak bisa bekerja. Ahli pertama kali yang menemukan penyakit sindrom Alport adalah A. Cecil Alport. Penyebab penyakit ini ialah kelainan gen pada kromosom X. Gejala yang timbul akibat penyakit ini diantaranya tekanan darah tinggi, gangguan penglihatan, adanya darah dalam urin.

6. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan jenis kanker yang muncul pada ginjal dan mempengaruhi fungsi ginjal secara umum. Jenis kanker yang paling sering ditemukan pada ginjal adalah sel karsinoma. Ini termasuk jenis kanker yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak.

Penyebab kanker ginjal ialah efek samping dari penggunaan obat seperti obat dialysis dan pereda rasa sakit, hipertensi, obesitas dan keturunan. Cara mencegah penyakit ini ialah minum air yang cukup, mengendalikan kadar kolesterol dan menghindari rokok.

7. Glomerulonephiritis

Glomeri adalah penyaring kecil yang ada didalam ginjal dengan fungsi nya membuang cairan berlebih, sampah dan elektrolit melalui darah. Glomerulonephiritis adalah kerusakan pada glomeruli. Kerusakan yang terjadi pada glomeruli menyebabkan keluarnya darah dan protein melalui urin. Gejala penyakit ini diantaranya tekanan darah tinggi, anemia, urin yang berbusa dan pembengkakan pada bagian tubuh.

Penyebab penyakit ini adalah sistem kekebalan tubuh malah merusak sel sel sehat. Hal hal yang menjadi penyebab Glomerulonephiritis yang lain ialah kompilasi penyakit, lupus dan diabetes yang kronis. Cara untuk mengobati penyakit ini ialah menerapkan gaya hidup yang sehat, menggunakan kortikosteroid, dan menghindari makanan yang menyebabkan hipertensi dan anemia.

8. Hematuria

Hematuria adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang ditandai dengan adanya darah didalam urin. Darah yang keluar bersama urin berasal dari sistem kandung kemih seperti ureter, ginjal, kandung kemih. Hematuria terjadi sebagai gejala dari penyakit penyakit lainnya. Sehingga penanganannya pun sesuai dengan penyakit apa yang diderita oleh pasien. Gejala yang dialami oleh penderita hematuria ialah adanya darah didalam urin, sering buang air kecil, sakit perut bagian bawah.

Penyebab terjadinya hematuria antara lain infeksi ginjal, batu ginjal, kanker kandung kemih dan kelainan genetik. Cara yang dilakukan untuk mencegah hematuria adalah menghindari penyakit penyakit yang akan menyebabkan hematuria seperti batu ginjal dengan mengonsumsi air putih dalam kondisi yang cukup dan menghindari penyakit kanker kandung kemih dengan menghindari merokok.

9. Kista Ginjal

Kista ginjal adalah sebuah kondisi penyakit yang menyebabkan adanya perkembangan kista di bagian ginjal. Kista bisa memiliki ukuran yang berbeda, berisi cairan dan bukan termasuk kanker. Namun kista bisa tumbuh dengan ukuran yang besar sehingga mengganggu fungsi ginjal. Ini termasuk penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi terutama untuk hati.

10. Penyakit Uremia

Uremia adalah tertimbunnya urea didalam darah yang mengakibatkan keracunan. Uremia juga disebabkan oleh gagal ginjal karena gagalnya fungsi ginjal dalam melakukan eskresi atau pembuangan urea dari dalam tubuh. Sehingga urea tertumpuk didalam tubuh. Gejala penyakit ini ialah mual dan muntah muntah, anoreksia, hilangnya berat badan, anemia, kelainan jantung. Cara mengobatinya adalah dengan melakukan dialisis atau cuci darah. Baca juga: Efek Samping Cuci Darah

Secara umum penyakit ginjal ada yang dapat diobati dan ada yang tidak. Menjaga pola hidup yang sehat adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal.

Selain itu, berikut ini ada beberapa cara mencegah penyakit ginjal yakni :

  • Minum cukup air minimal minum sekitar 3 liter perhari
  • Berusahalah untuk berhenti merokok
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Kendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah
  • Pilih jenis obat ketika sakit sesuai petunjuk dokter
  • Jika memiliki penyakit diabetes, jantung dan stroke maka lakukan pemeriksaan ginjal secara teratur.


Rekomendasi:

Mengenal Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya
Selain dengan melakukan pencegahan diatas, Anda juga bisa memilih pengobatan herbal untuk melengkapi proses pencegahan penyakit ginjal. Kami sarankan untuk mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat untuk mengatasi penyakit ginjal yang Anda derita. Obat herbal ini memiliki kandungan yang sangat diperlukan oleh penderita penyakit ginjal, dan terbuat dari bahan alami 100% tanpa campuran bahan kimia sedikit pun, yaitu Ekstrak Teripang Emas atau Sea Cucumber (timun laut). Jangan takut, karena obat herbal QnC Jelly Gamat sudah bersertifikat HALAL, dan sudah terdaftar di BPOM.

Mengenal Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Dengan mengenal macam-macam penyakit ginjal dan cara mencegahnya diatas, Anda dapat mengetahui dan mewaspdainya sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya....






Simak juga:

Cara Mengobati Diabetes Melitus

 Mengenal Macam-Macam Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar