Rabu, 01 Februari 2017

Anjuran dan Pantangan untuk Penderita Batu Ginjal

Anjuran dan Pantangan untuk Penderita Batu Ginjal,- Fungsi ginjal adalah menyaring kotoran di dalam darah, untuk dibuang bersama air seni. Batu ginjal terbentuk ketika kotoran-kotoran dari makanan mengeras dan membentuk kristal di ginjal maupun di saluran kemih.

Anjuran dan Pantangan untuk Penderita Batu Ginjal
Untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal, kita harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh di konsumsi oleh penderita penyakit batu ginjal. Karena walau bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Anjuran untuk Penderita Batu Ginjal

Berikut ini adalah beberapa hal yang dianjurkan untuk penderita batu ginjal:
  • Perbanyak Minum Air Putih
    Mengkonsumsi air adalah cara yang efektif untuk mencegah batu ginjal, karena komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil. Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2,5 liter dalam sehari, sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut.
  • Bawang putih
    Bawang putih merupakan makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi risiko penyakit batu ginjal. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.
  • Ceri
    Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.
  • Berries
    Berries seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry sangat ramah pada ginjal. Berries mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.
  • Paprika Merah
    Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat yang menjaga ginjal agar tetap sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.
  • Bawang Merah
    Bawang merah dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.
  • Kecambah
    Kecambah membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan batu ginjal. Lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak terlebih dahulu.
  • Kubis
    Kubis meningkatkan fungsi ginjal dan sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.
  • Minyak zaitun
    Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik yang baik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal.
  • Apel dan Anggur
    Apel dan anggur adalah buah-buahan yang sehat, yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal.Penderita batu ginjal disarankan untuk mengkonsumsi buah ini setaip harinya.
  • Perbanyak Serat Tidak Larut
    Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tidak larut, masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini, serat tidak larut yang terdapat pada gandum, padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

Pantangan untuk  Penderita Batu Ginjal

Berikut adalah beberapa pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal:
  • Daging Merah
    Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan merupakan salah satu makanan pantangan penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras sehingga akan ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.
  • Konsumsi Ikan
    Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urat dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan risiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.
  • Batasi Konsumsi Vitamin C
    Salah satu hasil metabolisme vitamin C adalah oksalat. Oksalat bisa membentuk kristal, sehingga penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.
  • Batasi Oksalat
    Oksalat (asam yang mengandung satuan COO2) dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal. Oleh karena itu, penderita batu ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang banyak mengandung oksalat. Diantaranya adalah teh, bayam, coklat, gandum dan biji-bijian.
  • Batasi Asupan Kalsium
    Umumnya tubuh hanya menyerap kalsium yang dibutuhkan. Jika kalsium pada tubuh berlebih maka kelebihan tersebut akan dibuang bersama air seni melalui ginjal. Ada baiknya mulai saat ini Anda bisa membatasi asupan kalsium tidak lebih dari 800mg perhari. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain seperti sayuran hijau, dan olahan susu.
  • Batasi Konsumsi Garam
    Dengan mengurangi konsumsi garam natrium, maka akan mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal. Sebaiknya mengkonsumsi garam dibatasi antara 2.500 -3.500 mg/hari, terlalu banyak garam yang dikonsumsi mengakibatkan banyaknya kalsium dalam urine yang akan memicu pembentukan batu ginjal.
Itulah beberapa anjuran dan pantangan untuk penderita batu ginjal yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam sehat, by Cara Mengobati Batu Ginjal

 Anjuran dan Pantangan untuk Penderita Batu Ginjal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar