Rabu, 01 Februari 2017

Komplikasi Batu Ginjal

Komplikasi Batu Ginjal,- Gejala yang ditimbulkan dari batu ginjal sebenarnya jarang terjadi, namun bukan berarti batu ginjal tidak berbahaya. Apabila batu ginjal tersangkut di saluran kemih, maka akan menghambat jalan keluarnya air seni sehingga berisiko terjadinya infeksi ginjal. Infeksi pada ginjal dapat berakibat pada penyebaran bakteri dan mikroorganisme lainnya ke dalam darah. Sumbatan batu ginjal dapat meningkatkan tekanan dalam ginjal dan menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

Komplikasi Batu Ginjal


Jika seseorang tidak dapat mengeluarkan air seni, maka orang tersebut tidak bisa mengeluarkan produk limbah dari tubuh. Apabila keadaan ini berlangsung lama, maka harus dilakukan operasi bedah dan akan mengalami kerusakan ginjal yang sangat parah.

Komplikasi Batu Ginjal

Komplikasi dari batu ginjal sendiri dapat disertai oleh hipertensi dan diabetes. Komplikasi yang paling parah dari batu ginjal adalah gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan suatu kondisi di mana ginjal sudah tidak berfungsi lagi dan keadaan tersebut dapat mengancam nyawa penderitanya. Komplikasi batu ginjal harus ditangani dengan serius menggunakan pengobatan batu ginjal yang tepat dan tanpa kambuh kembali.

Terdapat banyak faktor risiko tentang seseorang dengan batu ginjal lebih mungkin menderita gagal ginjal kronik. Seseorang dengan batu ginjal memiliki risiko dua kali mengalami gagal ginjal kronik tanpa memandang penyakit lainnya seperti hipertensi, diabetes mellitus, obesitas dan albumin (protein tubuh) di dalam urine.

Selain dari hipertensi dan diabetes, komplikasi batu ginjal juga bisa disebabkan oleh perawatan, ukuran dan posisi batu ginjal. Beberapa diantaranya adalah:
  • Sepsis. Di mana bakteri dan mikroorganisme yang terdapat di ginjal dapat lolos ke aliran darah dan menyebabkan infeksi. Gejalanya akan timbul di seluruh tubuh.
  • Steinstrasse. Steinstrasse adalah nama medis untuk penyumbatan yang disebabkan oleh fragmen batu di ureter (tabung yang menempel setiap ginjal ke kandung kemih).
  • Cedera pada ureter
  • Rasa sakit
  • Pendarahan akibat operasi
  • Infeksi saluran kemih
Untuk mencegah terjadinya komplikasi batu ginjal, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi air putih, dan hindari hal-hal yang dapat memicu batu ginjal sebelum terlambat.
Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat by Cara Mengobati Batu Ginjal

 Komplikasi Batu Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar