Selasa, 07 Februari 2017

Anyang-Anyangan pada Wanita Hamil dan Cara Menanganinya

Anyang-Anyangan pada Wanita Hamil dan Cara Menanganinya,- Anyang-anyangan atau dalam istilah lainnya disebut dengan frekuensi atau seringnya buang air kecil namun air yang keluar sedikit. Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih atau gangguan pada ginjal. Anyang-anyangan merupakan salah satu masalah saluran kencing yang sering di alami oleh wanita hamil.


Anyang-Anyangan pada Wanita Hamil dan Cara Menanganinya


Keluhan anyang-anyangan dapat mengganggu kenyamanan wanita hamil. Anyang-anyangan yang sulit tuntas membuat rasa nyeri pada bagian kewanitaan ibu hamil, hal ini disebabkan karena tertekannya kandung kemih oleh pembesaran rahim selama mengandung yang menyebabkan urine sulit keluar. Saat mengalami anyang-anyangan, biasanya air seni akan keluar sedikit dan muncul rasa panas.

Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah dehidrasi. Karena saat dehidrasi tubuh akan kekurangan cairan yang dapat menurunkan produksi urine, sehingga cairan yang keluar tidak banyak. Dan ini akan menyebabkan ibu hamil mudah terserang anyang-anyangan.

Cara Menangani Anyang-Anyangan pada Wanita Hamil

Berikut adalah cara  menangani anyang-anyangan pada wanita hamil:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat terserang anyang-anyangan, rangsangan untuk buang air kecil sangat tinggi dan harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang tinggi pula. Karena dengan asupan air yang cukup akan mengusir bakteri penyebab anyang-anyangan yang bersarang di kandung kemih. Pakar kesehatan menyarankan untuk ibu hamil sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2 liter  atau sekitar 6-10 gelas dalam sehari, dengan ini iritasi kandung kemih dapat diatasi.

2. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Bagi ibu hamil, menahan buang air kecil adalah salah satu penyebab anyang-anyangan. Saat ingin kencing jangan pernah menahannya, lebih baik langsung pergi ke kamar kecil untuk segera buang air kecil.

3. Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Dengan sering membersihkan daerah kewanitaan dengan sabun khusus, Anda sudah mencegah terjadinya anyang-anyangan pada diri Anda. Anda harus mengganti secara rutin celana dalam, agar organ kewanitaan senantiasa bersih, kecil kemungkinan Anda tidak akan terserang anyang-anyangan.

4. Memperbaiki Posisi Tidur

Bagi Anda yang sedang hamil wajib untuk memperbaiki posisi tidur Anda. Aturlah posisi Anda sebelum tidur, karena posisi tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Posisi tidur dengan menghadap ke samping kiri dan menekuk kaki adalah posisi yang terbaik menurut pakar kesehatan. Hal ini dapat mencegah anyang-anyangan.

5. Lakukan Senam Ringan

Jika Anda melakukan senam ringan saat sedang hamil, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari anyang-anyangan. Lakukan senam ringan sesuai dengan instruktur senam yang profesional untuk menghindari gerakan yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

6. Mengkonsumsi Ramuan Jeruk Nipis

Salah satu obat tradisional untuk mengobati anyang-anyangan pada ibu hamil adalah dengan ramuan jeruk nipis. Caranya cukup mudah, ambil 1 buah jeruk nipis lalu peras airnya, tambahkan gula pasir dan air panas sesuai selera. Minum ramuan ini secara rutin agar anyang-anyangan segera berhenti.

7. Mengurangi Aktivitas Berat

Bagi ibu hamil ada baiknya untuk menjaga kesehatan dengan menghindari aktivitas yang berat seperti mengangkat beban terlalu berat, berjalan terlalu jauh dan lain sebagainya. Aktivitas yang terlalu berat dapat menyebabkan anyang-anyangan bahkan sampai keguguran.

8. Mengkonsumsi Ramuan Daun Kumis Kucing

Caranya adalah keringkan beberapa lembar daun kumis kucing, seduh daun kumis kucing bersama dengan  gula jawa. Lakukan seperti Anda sedang menyeduh teh. Harus dengan gula jawa, karena jika tidak khasiat dari daun kumis kucing sendiri akan berkurang dan menjadi hilang manfaatnya.

9. Mengkonsumsi Sirsak

Sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati anyang-anyangan. Ambil 1 buah sirsak setengah matang lalu kupas dan cuci bersih. Setelah itu rebus buah sirsak ke dalam 2 gelas air dan tambahkan gula pasir sesuai selera sampai mendidih. Kemudian tiriskan dan saring airnya, minum ramuan ini secara rutin agar anyang-anyang segera hilang.

10. Mengikat Jempol Kaki

Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan anyang-anyangan pada ibu hamil. Memang belum ada penelitian medis yang mengatakan bahwa cara ini mampu mengatasi anyang-anyangan dengan baik. Namun sering dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari bahwa mengikat jempol kaki dengan karet gelang dapat menghentikan anyang-anyangan dengan cepat. Cukup 10 sampai 15 menit atau sampai anyang-anyangan sembuh, namun jangan terlalu lama karena aliran darah ke jempol kaki akan terhambat dan membuat jempol kaki Anda sakit jika terlalu lama diikat dengan karet gelang. 


Demikianlah informasi tentang  anyang-anyangan pada wanita hamil dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat..

Baca juga artikel lainnya:

Anyang-Anyangan pada Wanita Hamil dan Cara Menanganinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar