Selasa, 13 Juni 2017

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil,- Gangguan asam lambung pada saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Asam lambung naik atau GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas di dada. Naiknya asam lambung saat hamil menyebabkan rasa tidak nyaman dalam perut.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil

GERD juga dapat disebabkan oleh pengaruh hormon saat Anda hamil yang mengakibatkan sistem pencernaan bergerak lambat. Selain itu, juga dapat dipengaruhi oleh tekanan pada lambung yang disebabkan rahim yang terus membesar, khususnya pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi asam lambung naik pada ibu hamil, diantaranya:

1. Makan sedikit namun sering

Saat hamil, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil, namun dengan frekuensi bisa dibilang sering seperti 5-6 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk mencegah perut kosong lebih lama sehingga asam lambung bisa di netralisasi.

2. Makan dengan perlahan

Ibu hamil harus menghindari makan dengan terburu-buru. Sebaiknya ibu hamil makan dengan perlahan dan kunyahlah dengan benar, karena makan yang terburu-buru hanya akan membuat perut bekerja dalam mencerna makanan akan lebih berat. Sehingga ibu hamil akan merasakan begah.

3. Hindari makanan pemicu asam lambung tinggi

Cara termudah untuk menghindari asam lambung tinggi adalah dengan menghindari penyebabnya, salah satunya adalah makanan. Agar asam lambung dapat diminimalisir maka hindarilah Pantangan Makanan Asam Lambung.

4. Hindari berbaring setelah makan

Setelah kenyang makan kita merasa nyaman jika langsung berbaring. Tapi itu bukanlah lah yang baik, terutama ibu hamil. Dalam kondisi berbaring akan memicu asam lambung untuk naik menjadi cepat menuju kerongkongan. Untuk itu, sebaiknya Anda memberikan jeda 2-3 jam setelah makan.

5. Hindari memakai pakaian ketat

Memakai pakaian yang ketat dapat menyiksa ibu hamil terutama dalam kondisi asam lambung kambuh. Selain dapat memberikan tekanan besar pada perut, ibu hamil juga akan merasakan engap. Ibu hamil akan merasakan sakit yang dikhawatirkan akan mengganggu janin didalamnya.

6. Segera berbaring saat sakit heartburn

Saat ibu hamil mengalami heartburn, sebaiknya ibu hamil segera berbaring dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi dari pada perut. Hal ini bertujuan untuk mencegah naik asam lambung yang menuju ke kerongkongan.

7. Mengunyah permen karet

Ibu hamil yang sering mengalami heartburn dapat meringankannya dengan mengunyah permen karet. Hal ini karena rasa permen karet mampu meningkatkan produksi air liur (saliva) dan dapat menetralkan asam lambung yang ada di kerongkongan.

Baca juga:

8. Hindari cokelat dan peppermint

Kedua makanan ini dapat membuat gangguan asam lambung menjadi tambah buruk. Cokelat dan peppermint dapat membuat otot-otot pada esofagus berelaksasi, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan.

9. Tidur dengan posisi yang nyaman

Jika Anda sering merasakan gangguan asam lambung saat hamil, sebaiknya Anda tidur dengan posisi bantal lebih tinggi. Dengan posisi kepala dan bagian tubuh atas lebih tinggi dari posisi lambung akan membantu menjaga asam lambung agar tidak naik. Selain itu, tidur dengan posisi menghadap ke kiri mungkin lebih nyaman karena posisi menghadap ke kanan membuat posisi lambung Anda lebih tinggi dari pada kerongkongan.

Demikianlah cara mengatasi asam lambung naik pada ibu hamil yang dapat saya sampaikan. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi asam lambung pada ibu hamil, selain dengan cara diatas Anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari bahan herbal alami. Obat herbal ini Aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, termasuk anak-anak, ibu hamil, dan menyusui tanpa memimbulkan efek samping pada tubuh. Informasi lebih lengkap Anda bisa kunjungi >> Cara Mengobati Asam Lambung

Semoga artikel ini bermanfaat..

Baca juga:

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Pada Ibu Hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar