Selasa, 19 Desember 2017

Makanan Yang Baik Untuk Pengidap Epilepsi

Makanan Yang Baik Untuk Pengidap Epilepsi,- Mengonsumsi makanan sehat dengan seimbang tentu dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Nutrisi penting yang mampu terpenuhi dengan baik dapat menjaga agar tingkat energi tubuh tetap terjaga. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko kejang pada beberapa orang yang menderita epilepsi. Baca juga : Penyebab Epilepsi

Banyak para ahli menyarankan agar penderita epilepsi menerapkan diet ketogenik agar kondisinya lebih baik. Diet ketogenik merupakan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang dapat mengurangi gejala kejang pada penderita epilepsi. Senyawa keton yang dihasilkan saat kondisi ketosis dapat menjadi sumber energi untuk otak yang lebih efisien dan dapat melindungi sel otak dari kerusakan.

Makanan Yang Baik Untuk Pengidap Epilepsi


Agar tidak salah dalam mengonsumsi makanan untuk epilepsi, berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap epilepsi antara lain:

1. Daging dan Seafood


Daging seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, serta ikan dan seafood merupakan beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita epilepsi. Makanan tersebut kaya akan lemak dan protein yang baik untuk penderita epilepsi. Selain itu, daging (terutama daging merah) juga kaya akan mineral seng yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan termasuk produk olahannya, seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan lainnya merupakan makanan sumber protein nabati. Penderita epilepsi juga disarankan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah sedang. Setidaknya, penderita epilepsi harus menenuhi 80% piringnya dengan makanan sumber protein, baik protein hewani maupun protein nabati.

3. Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat tinggi, kalori rendah, dan berbagai nutrisi penting, sehingga penderita epilepsi disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah. Tidak hanya itu, sayur dan buah juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa penderita epilepsi dengan konsumsi antioksidan yang rendah lebih rentan mengalami kejang. Sehingga, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan dapat membantu penderita epilepsi mengurangi kejang.

4. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang banyak mengandung vitamin, magnesium, kalsium dan mineral lain yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Rajin minum susu setiap hari, selain menyehatkan tubuh, kandungan mineralnya sangat baik untuk mencegah epilepsi sejak dini.

5. Mentega dan Minyak

Mentega dan minyak merupakan sumber lemak yang berfungsi untuk membantu tubuh menyerap berbagai jenis nutrisi larut lemak dan meningkatkan fungsi otak. Anda dapat bmenjadikan mentega dan minyak bagian dari diet ketogenik Anda. Jika Anda menjalankan diet ketogenik konvensional, sianjurkan agar Anda mengkonsumsi sedikit mentega dan minyak tumbuhan lain seperti minyak zaitun dan minyak canola, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Makanan Yang Harus Dihindari Pengidap Epilepsi

Terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi atau dihindari oleh penderita epilepsi, yaitu:

1. Makanan dan minuman sumber karbohidrat sederhana

Penderita epilepsi sebaiknya menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Contohnya dari makanan tersebut adalah minuman manis, minuman ringan, roti putih, nasi putih, kue, cokelat, dan lainnya. Penderita epilepsi sebenarnya masih boleh makan makanan sumber karbohidrat, tapi hanya dalam jumlah rendah. Pilihlah karbohidrat dengan indeks glikemik yang tidak terlalu tinggi jika ingin mengonsumsi makanan sumber karbohidrat. Misalnya, nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat, atau kentang dengan kulitnya.

2. Makanan dengan MSG

MSG sering digunakan sebagai penyedap dan pengawet pada berbagai makanan. Namun, penelitian yang diterbitkan Neuroscience Letters menunjukkan bahwa kelebihan MSG pada tikus dapat mengubah saraf tikus dan menyebabkan serangan epilepsi. Walaupun penelitian ini masih sebatas pada hewan, namun ada baiknya Anda yang menderita epilepsi membatasi konsumsi makanan ber-MSG.

Itulah makanan yang dianjurkan untuk pengidap epilepsi yang dapat Anda konsumsi. Disamping mengkonsumsi makanan diatas, Anda juga harus menghindari pantangannya untuk mengurangi risiko epilepsi.

Untuk Anda yang berminat melakukan pengobatan epilepsi secara alami tanpa efek samping, Anda bisa mengunjungi artikel di bawah ini:

Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya...

Makanan Yang Baik Untuk Pengidap Epilepsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar