Kamis, 07 Desember 2017

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah,- Gula darah pada umumnya memiliki fungsi sebagai sumber energi tubuh. Agar fungsi tubuh bekerja normal maka diperlukan juga gula darah normal, karena gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga berdampak tidak baik bagi kesehatan. (Baca juga: Penyebab Diabetes Melitus, Gejala Awal Diabetes Melitus)

Sebenarnya sangat banyak tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah bahkan memperbaiki sel beta pankreas yang rusak. Lalu, tanaman apa saja yang dapat menurunkan kadar gula darah?

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah


Berikut adalah beberapa tanaman ajaib yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes melitus, yaitu:

1. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dikatakan merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa dan salah satu manfaat dari tanaman ginseng untuk kesehatan adalah bisa menurunkan kadar gula darah.

2. Gymnema Sylvestre

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula DarahTanaman ini dikatakan memiliki kemampuan untuk menurunkan kemampuan mendeteksi rasa manis. Tanaman ini dianggap sebagai tanaman paling kuat untuk mengendalikan gula darah. Kemungkinan besar, cara kerjanya adalah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu sel tubuh untuk menggunakan glukosa atau dengan merangsang produksi insulin. Walaupun belum ada penelitian intensif, tapi belum ditemukan adanya efek samping serius untuk penggunaan tanaman ini.

3. Pare

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah
Pare yang pahit ini dianggap mampu membantu sel menggunakan glukosa secara lebih efektif dan meredam penyerapan gula di dalam usus. Para peneliti di Filipina yang meneliti konsumsi pare kepada pria dan wanita dalam bentuk kapsul selama 3 bulan menemukan adanya penurunan gula darah, walaupun sedikit, tetapi konstan. Permasalahan yang muncul adalah masalah pencernaan, tapi tidak jelas apa.

4. Chromium

Mineral ini dianggap mampu meningkatkan kinerja insulin dan terlibat juga dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mineral ini membantu menurunkan gula darah, tapi hanya untuk mereka yang memang kekurangan krom.

5. Brotowali

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah
Batang brotowali mempunyai rasa yang sangat pahit dan menyejukan, serta hasil dari penelitan secara invitro bahwa air ekstrak batang brotowali memiliki efek hipoglekimia, yaitu menurunkan gula darah. Hasil penurunan gula darah yang nyata terlihat sekitar 2-3 jam setelah pemberian ekstrak air brotowali.



6. Gamma-Linolenic Acid (Asam Linoleat Gamma)

Asam Linoleat Gamma, atau GLA adalah asam lemak yang ditemukan dalam minyak bunga evening primrose. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes adalah orang yang memiliki level GLA rendah dalam darah, dan penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat menurunkan, bahkan mencegah sakit di saraf yang muncul akibat diabetes.

7. Alpha-Lipoic Acid (Asam Alpha Lopoic)

Disingkat ALA, bahan yang mirip vitamin ini menetralkan berbagai radikal bebas. Pembentukan radikal bebas adalah salah satu faktor peningkatan gula darah, dapat membuat kerusakan saraf dan berbagai masalah lain. ALA jg mampu membantu sel otot untuk menyerap gula darah. Di salah satu penelitian di Jerman, sekelompok peneliti memerika 40 orang dewasa yang mengkonsumsi ALA dan placebo. Di akhir studi selama 4 minggu, ditemukan bahwa ALA meningkatkan sensitifitas insulin sebanyak 27%.

8. Fenugreek

Fenugreek merupakan jenis tanaman yang benih-benihnya dimanfaatkan untuk membuat obat. Tanaman ini digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan, sakit perut, sembelit dan radang lambung. Fenugreek juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal, beri-beri (kekurangan vitamin), sariawan, bisul, bronkhitis, batuk kronis, bibir pecah-pecah, kebotakan, kanker dan menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Fenugreek bekerja dengan cara memperlambat penyerapan gula di dalam perut dan merangsang insulin. Kedua efek ini dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi fenugreek bersamaan atau dicampur dengan makanan selama makan dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.

9. Bilberry

Saudara blueberry ini memiliki antioksidan kuat dalam buah dan daunnya. Antioksidan yang dinamai antosianidin ini, membantu mencegah kerusakan sel darah kecil yang dapat merusak saraf dan retina mata. Penelitian terhadap hewan menunjukkan adanya penurunan gula darah juga akibat konsumsi buah.


10. Kayu Manis

Kulit kayu manis bisa dijadikan rempah sehat untuk menurunkan gula darah. Antioksidan tinggi jadi pemeran utama drama peperangan antara kayu manis dengan diabetes. Cocok dijadikan minuman dan dikolaborasikan dengan berbagai makanan.

11. Bawang Putih

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah
Rempah berbau khas yang dianggap bikin bau badan menyengat ini ternyata termasuk golongan makanan yang baik untuk penderita kencing manis. Senyawa aktif allicin dan alilpropil disulfida dalam bawang putih bantu penyembuhan penyakit diabetes dengan cepat.




12. Mengkudu

Mengkudu, mungkin anda masih ingat, bahwa buah mengkudu adalah salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, dan ternyata bukan hanya itu. Mengkudu adalah buah yang termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman herbal untuk menurunkan gula darah. Karena mengkudu dapat memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

13. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki manfaat sebagai ramuan herbal untuk mengatasi penyakit wasir, sebagai penghilang noda bekas jerawat, bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan (campuran es dan makanan lainnya), dan ternyata manfaat lidah buaya tidak berhenti sampai di situ. Lidah buaya juga sangat efektif untuk menurunkan gula darah atau penyembuhannya. Dan fungsi utamanya adalah sebagai Antiradang atau Pencahar.

14. Teh Hijau

Teh hijau adalah bahan dasar minuman yang telah dikenal manfaatnya untuk merawat kecantikan, dan bukan hanya itu, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah luar biasanya, yiatu dapat menurunkan kadar gula darah atau sebagai penyembuh penyakit diabetes melitus.

15. Daging Buah Kaktus

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah
Buah matang dari kaktus ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bentuk yang bisa ditemui adalah dalam bentuk buah, atau jus, atau bubuk. Para peneliti menemukan bahwa buah ini menurunkan kadar gula darah karena adanya komponen yang mirip dengan insulin. Buah ini juga tinggi kadar seratnya.


16. Virgin Coconut Oil

Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah
Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa konsumsi minyak kelapa murni (VCO, bukan minyak kelapa biasa/minyak goreng) dapat membantu pengobatan diabetes melitus.Hal ini disebabkan VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acids atau MCFA) yang tinggi, terutama asam laurat dengan kandungan antara 43-53% dari total asam lemak. Keberadaan MCFA ini memiliki peran ganda, yaitu dapat menginduksi sekresi insulin dan memperbaiki fungsi insulin.

Demikianlah informasi mengenai inilah tanaman ajaib penurun kadar gula darah untuk penderita diabetes melitus yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...


Inilah Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar